Foto: AFP

Israel Bakal Kirim Atribut Yahudi ke Bulan

Tahun depan, Israel dipastikan akan meluncurkan misi pendaratan pesawat tanpa awak ke bulan pertama kalinya. Kini para ilmuwan di sana tengah menyelesaikan tahap akhir peluncuran.

Uniknya, pesawat tanpa awak itu akan membawa sejumlah atribut Israel dan identitas Yahudi. Atribut itu berupa gambar yang dibuat oleh anak-anak, simbol-simbol seperti bendera dan lagu-lagu Israel, serta sebuah buku tentang Holocaust yang ditulis seorang pria Yahudi.

BACA JUGA: Dukung Palestina, Dua Siswa Yahudi Ini Berlutut saat Lagu Kebangsaan Israel Dimainkan

Salah seorang pendiri organiasasi nonprofit SpaceIL, Yonatan Winetraub, bahkan membandingkan pesawat itu dengan doa yang ditulis di secarik kertas pada saat berdoa di Tembok Barat Yerusalem, salah satu situs tersuci Yudaisme. SpaceIL merupakan salah satu organisasi di balik peluncuran pesawat tersebut.

“Hari ini kita menempatkan semua impian di pesawat ruang angkasa seperti Anda akan mengambil catatan dan meletakkannya di Kotel (Tembok Barat), berharap untuk masa depan yang cerah,” kata Yonatan sepeti dikutip AFP, Senin (17/12/2018).

Pesawat ruang angkasa pertama milik Israel ini sendiri memiliki berat sekitar 585 kilogram. Pesawat yang tengah dirancang di Israel itu rencananya diluncurkan dari Cape Canaveral, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Mahathir Mohamad: Australia Tidak Punya Hak Akui Yerusalem sebagai Ibukota Israel

Pesawat yang tengah dirancang di Israel itu nantinya dikirim melalui roket Falcon 9 dari perusahaan SpaceX milik Elon Musk. Butuh waktu sekitar 1,5 bulan untuk pesawat itu tiba di AS.

Adapun biaya untuk meluncurkan pesawat tersebut sekitar 95 juta dolar AS atau setara dengan Rp 1,4 triliun. Jika misi ini berhasil, maka Israel akan menjadi negara keempat setelah AS, Rusia, dan China yang sukses mendarat di bulan. []

SUMBER: AFP | KUMPARAN


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Saudi Sepi karena Virus Corona, TKI Alman: Supir Taksi Nangis ke Saya 

Jalanan yang biasanya ramai dan macet oleh kendaraan, saat ini terlihat kosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *