Perdana Menteri Israel Bersikukuh Menjadikan Yerusalem untuk Menjadi Ibukota Israel

Israel Bersikukuh Jadikan Yerusalem sebagai Ibukota Negara

INSPIRADATA. Benjamin Netanyahu selaku Perdana Menteri Israel bersikukuh mengklaim Kota Yerusalem akan selalu menjadi ibukota Israel. Dia menyatakan hal tersebut menjelang kedatangan Donald Trump ke Israel pada Senin (22/5/2017). Demikian disitat dari Arab News.

“Malam ini, saya katakan kepada seluruh dunia dengan jelas, Yerusalem akan selalu menjadi ibukota Israel. Bukit Bait Suci dan Tembok Barat akan selalu berada di bawah kedaulatan Israel,” ujar Netanyahu, dalam acara peringatan 50 tahun penaklukan Israel di Yerusalem timur dalam Perang Enam Hari.

Tembok Barat adalah sisa terakhir dari dinding kuil Yahudi kedua, yang dibangun oleh Raja Herodes dan dihancurkan oleh bangsa Romawi pada tahun 70 Masehi. Situs suci tempat warga Yahudi biasa berdoa ini berada di Kota Tua Yerusalem timur, yang diduduki Israel pada 1967. Situs itu terletak di bawah kompleks masjid Al-Aqsa, situs suci Islam, yang disebut oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount.

Donald Trump diperkirakan menjadi petinggi AS pertama yang mengunjungi Tembok Barat. Kunjungan Trump ini menuai kecaman keras dari sayap kanan Israel setelah pejabat AS menolak untuk mengakui bahwa Tembok Barat bagian dari Israel.

Proses diplomatik Yerusalem menjadi salah satu poin kunci dalam konflik di Timur Tengah ini. Israel menganggap seluruh Kota Yerusalem adalah ibukota negaranya, namun seluruh dunia mengkritik hal tersebut, karena dunia internasional sangat murka terhadap sikap Israel kepada Palestina. Di masa depan, Kota Yerusalem tetap menjadi bagian dari negara Palestina. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *