Unik, Informatif , Inspiratif

Isu Papua Merdeka “Dipolitisasi” di Selandia Baru

0

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya mengatakan bahwa isu kemerdekaan Papua dan Papua Barat sering kali digunakan kelompok tertentu untuk kepentingan politik di negara itu.

Tantowi mengaku telah melaporkan isu tersebut kepada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto.

Ras Melanesia

Menurut dia, isu fitnah terhadap Indonesia mengenai Papua digunakan kelompok tertentu karena sebagian kecil penduduk Selandia Baru merupakan ras Melanesia sama dengan masyarakat Papua.

BACA JUGA: PBB Pernah Tolak Petisi Kemerdekaan Papua Barat

Tantowi memperkirakan ada sekitar 700 ribu penduduk ras Melanesia dari total 4,8 juta penduduk di sana.

“Jadi untuk kepentingan politik domestik, isu Papua ini seksi kan untuk diangkat,” ujar Tantowi usai bertemu dengan Wiranto di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta pada Jumat (25/1/2019).

Tantowi juga menyebut banyak dari penduduk Selandia Baru yang berada di pemerintahan, LSM, serta anggota parlemen mempercayai isu fitnah yang menyudutkan Indonesia mengenai kondisi Papua dari media-media yang menggunakan sumber tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Jadi berita itu sendiri adalah berita yang mempunyai kandungan politik yang memang tidak suka dengan Indonesia,” jelas Tantowi.

Tantowi mengaku akan melakukan pendekatan dan menyebarkan informasi yang akurat untuk membantah tuduhan-tuduhan dari kelompok – kelompok tersebut.

Tantowi pun mengaku akan menjelaskan mengenai pembangunan yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah.

“Kami sudah mendapatkan arahan dari bapak menteri apa yang harus kami lakukan ke depan dalam rangka untuk lebih memuluskan segenap rencana-rencana pembangunan yang sekarang ini tengah berlangsung dengan kecepatan tinggi,” jelas dia.

Meski demikian kata dia, Pemerintah Selandia Baru saat ini tidak lagi mempercayai informasi hoaks dan fitnah yang disebarkan kelompok tertentu.

Tantowi menyebut Selandia Baru mengapresiasi informasi yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia.

“Sudah terjadi perkembangan yang sangat berarti artinya mereka sudah tidak menelan lagi mentah informasi hoaks tersebut, karena selalu kita bantah,” kata dia.

BACA JUGA: Dukungan Papua Merdeka Pun Datang dari Negara Ini

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menegaskan pemerintah akan terus meyakinkan dunia mengenai pembangunan di Papua.

Upaya tersebut dilakukan agar negara lain tidak memiliki lagi pandangan negatif mengenai Indonesia.

“Indonesia tidak menganaktirikan mereka, Indonesia tidak menelantarkan mereka tetapi membuat satu pembangunan,” pungkas Wiranto. []

SUMBER: ANADOLU INDONESIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.