Jack Ma, Jack Ma Bakal Mundur dari Alibaba
Unik, Informatif , Inspiratif

Jack Ma Bakal Mundur dari Alibaba

0

Salah satu orang terkaya di China, Jack Ma, kabarnya akan meninggalkan perusahaan yang didirikannya, Alibaba dan melepaskan jabatannya sebagai Executive Chairman.

BACA JUGA: Sambangi Indonesia, Ini Salah Satu Tujuan Jack Ma yang Bikin Jokowi Puas

Hal ini ia lakukan untuk mengikuti langkah yang sebelumnya diambil Bill Gates. Setelah keluar dari Alibaba, Jack Ma juga ingin mendedikasikan waktu dan uangnya untuk kegiatan kemanusiaan.

Pria berusia 53 tahun itu mengungkapkan rencana tersebut kepada Bloomberg, Kamis (6/9/2018). Walau demikian, Jack Ma sepertinya tidak akan melepaskan kepemilikan sahamnya di Alibaba sehingga secara tak langsung, dia masih punya pengaruh kuat di perusahaan ini.

Jack Ma memang sudah mulai membangun yayasan kemanusiaan bernama Jack Ma Foundation sejak 2014. Yayasan tersebut difokuskan untuk meningkatkan sistem pendidikan di China, khususnya di daerah pedalaman.

Tahun lalu, yayasan ini menjanjikan 300 juta yuan atau sekitar Rp 668 miliar untuk mendanai program pelatihan guru selama 10 tahun ke depan.

Dengan tingkat pendidikan yang baik, Ma bertujuan menghapus kemiskinan di daerah pedalaman China. Sebelum mendirikan Alibaba, Ma yang juga merupakan seorang guru bahasa Inggris pernah mengatakan bahwa suatu hari ia akan kembali mengajar.

“Saya pikir suatu hari nanti, dan secepatnya, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa saya lakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba,” kata Ma, dilansir Business Insider.

Ma belum mengungkap kapan tepatnya ia akan meninggalkan Alibaba untuk mengalihkan seluruh fokusnya untuk kemanusiaan. Saat ditanya apakah ia akan pensiun tahun ini, Ma hanya menjawab bahwa ia akan segera keluar, tanpa ada waktu pastinya.

BACA JUGA: Ini 7 Rahasia Sukses Jack Ma Membangun Bisnis Bernilai Ribuan Triliun Rupiah

“Kalian akan segera tahu. Saya sudah menyiapkan Jack Ma Foundation. Semua hal yang sudah saya persiapkan selama 10 tahun,” ujar Ma. []

SUMBER: BLOOMBERG | BUSINESS INSIDER


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.