Jadi, Bumi Itu Bulat atau Datar Sih?

0

Sebuah isu telah atau penjelasan tentang bumi datar mulai kembali lagi ke masyarakat dunia. Padahal isu bumi datar ini sudah sangat usang di abad yang lalu. Ini bisa diduga bahwa ada sebuah fenomena untuk merusak keyakinan umat islam dari keyakinanya bahwa bumi itu bulat.

Sebagaimana lansir  dari islamqa.com, para ulama telah melakukan ijmak (konsensus) bahwa bumi adalah bulat, pendapat tersebut berdasarkan al Qur’an, sebagaimana firman Allah:

يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ (سورة الزمر: 5) .

“Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam.” (QS. Az Zumar: 5)

Hanya saja seakan tampak datar dan terhampar; karena bentuknya sangat besar, bentuk bulatnya tidak tampak melalui jarak dekat, sehingga terlihat datar, namun secara umum bumi adalah bulat. Ulama Lajnah Daimah pernah ditanya: “Apakah bumi itu bulat atau datar?” Mereka menjawab: “Bumi secara keseluruhan adalah bulat, namun datar ketika dilihat sebagian”. (Fatawa Lajnah Daimah: 26/414)

Ibnu Utsaimin –rahimahullah- berkata: “Jika ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya Allah –subhanahu wa ta’ala- telah mengabarkan bahwa bumi adalah datar (terhampar) dalam firman-Nya:

وإلى الأرض كيف سطحت (سورة الغاشية: 20)

“Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?” (QS. al Ghasyiyah: 20)

Kami menyaksikan bahwa bumi adalah bulat, bagaimana mungkin berita dari Allah bertentangan dengan realita? Maka jawabannya adalah: Bahwa ayat tersebut tidak bertentangan dengan realita, namun pemahamannya yang salah karena ketidaktahuannya atau tidak mau belajar. Sebenarnya bumi itu bulat dan datar, yaitu: bulat seperti bola tetapi karena bentuknya besar maka tidak nampak bulatnya, disinilah letak kesalahfahamannya, hingga menyangka bahwa bumi telah terhampar datar bertentangan dengan kenyataan bahwa sebenarnya adalah bulat”. (Majmu Fatawa wa Rasail Utsaimin: 8/644)

Sebagai umat muslim sejatinya tetap tenang ketika mendengar sebuah isu, wajib menanyakan tentang sesuatu dengan para ahli di bidangnya dan para alim ulama yang paham mengenai dasar-dasar hukum Agama. []