Unik, Informatif , Inspiratif

Jadi Ini Caranya agar Penderita Rematik Bisa Tidur dengan Nyenyak

0

Kebanyakan penderita rematik atau rheumatoid arthritis tidak merasakan tidur dengan nyenyak, karena gangguan yang datang saat tidur di malam hari terasa nyeri sendi dan sendi kaku.

Journal Of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan bahwa diantara 162 pasien rematik yang tidak bisa tidur, mereka menunjukan gejala depresi yang seirus, mengalami sakit yang sangat hebat, mersa sangat lelah, bahkan mengalami kerusakan organ.

BACA JUGA: Benarkah Mandi Malam Hari Menyebabkan Rematik?

Namun, ada beberapa hal yang bisa dicoba oleh pasien penderita rematik ini agar dapat tidur dengan nyenyak.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan, Anda bisa berolahraga dengan teratur. Dengan berolahraga bisa meningkatkan suasana hati Anda.

Olahraga yang dapat dilakukan diantaranya berjalan, berenang, bersepeda, dan peregangan. Beberapa olahraga tersebut bisa dilakukan oleh penderita penyakit rematik karena olahraga tersebut tidak membebani sendi atau tubuh penderita.

BACA JUGA: Ternyata Mandi Air Hangat di Malan Hari Itu Tidak Baik

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu membatasi minum kafein di sore atau malam karena kafein dapat mempersulit tidur Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menenangkan diri. Karena penyakit rematik ini bisa membuat orang stres. Maka dari itu Anda harus memiliki waktu untuk bersantai sebelum tidur. []

SUMBER: HALLOSEHAT


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.