Unik, Informatif , Inspiratif

Jadikan Ucapan sebagai Sedekah

0

Sedekah menjadi ibadah yang cukup sederhana. Bila punya harta, maka sedekah dengan harta. Bila hanya punya sebiji kurma, maka boleh saja. Sedekah jasa dan tenaga pun bisa. Tidak punya apa-apa? Bisa dengan senyuman.

Sedekah ini beragam. Adapun di antara bentuk sedekah aggota badan adalah ucapan yang baik. Allah SWT jadikan ucapan lembut dan baik sebagai kualifikasi turun rahmat-Nya.

BACA JUGA: Sedekah Tak Gunakan Uang, Bolehkah?

Allah berfirman, “Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang kamu harapkan maka katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas.” (QS. Al-Isra : 28)

Sebab, sedekah ucapan ini sangat berpengaruh besar. Termasuk dalam berkata baik atau bahkan sewaktu menyampaikan kebenaran (berdakwah) kepada orang-orang kafir pun diperintahkan dengan kata-kata yang baik.

Allah SWT pun pernah memberi perintah kepada Musa dan Harun agar berkata yang pantas dan baik kepada Firaun.

BACA JUGA: Rezeki Tak Terduga Lewat Sedekah

“Pergilah kamu berdua kepada Firaun, sesungguhya dia telah melampaui batas. Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut.” (Thaha: 43-44)

Meski Fir’aun termasuk orang yang melampaui batas dan sombong bahkan mengaku sebagai Tuhan, tapi nyatanya Allah SWT menyuruh Nabi Musa untuk berkata yang baik dalam menyampaikan kebenaran. []

Sumber: 40 Pesan Nabi untul Setiap Muslim, Oleh: Fahrur Mu’is dan Muhammad Suhadi, Penerbit: Taqiya Publishing

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline