etika makan diberbagai negara
Foto: freepik

Jaga Sikap, Ketahui Etika Makan di 7 Negara Ini

Budaya dikenal dengan suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Bicara tentang budaya pasti tidak ada habisnya. Sebab, banyaknya ragam kebiasaan dan kepercayaan orang-orang di berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah perkara makan.

BACA JUGA: Lebih Baik Makan Sayur Mentah atau Sudah Dimasak?

Nah, karena adanya budaya yang biasa dilakukan, jadi makan bukan sekedar alat pemuas lapar saja, tapi ada tujuan lainnya juga. Lalu, seperti apa sih etika makan dari beberapa negara?

1. Negeri Napoleon, Prancis

Adab makan di Prancis ini masuk akal, pasalnya saat makan kita harus meletakkan tangan di atas meja meskipun sedang tidak memakai peralatan makan. Kenapa seperti itu?

Ternyata, ini bertujuan agar rekan makan bisa melihat apa yang dikerjakan. Sebab, kalau tidak begitu, siapa yang tahu sedang berbuat apa di balik meja?

2. Jerman

Jika sudah sampai di jerman, ingat ya, jangan menancapkan garpu ke sepotong kentang di piring. Sangat harus hindari melakukan hal tersebut dan sebagai gantinya iris kentang dengan bantuan pisau dan garpu.

Hal ini menunjukkan niat baik untuk memperlihatkan bahwa sumber karbo tersebut terasa cukup empuk dan enak untuk disantap

3. Spanyol

Suka mengobrol? Atau lebih baik diam saja jika saat makan?

Sebaiknya coba suasana ramai di meja makan ya, saat berada di Spanyol. Karena kita harus tetap di meja makan untuk mengobrol sembari menunggu makanan turun. Bila langsung pergi begitu saja, maka dianggap kurang sopan dan tidak bersahabat.

5. Meksiko

Tahu makanan taco? Makanan ini sulit jika dimakan menggunakan sendok atau garpu. Sebab, di Meksiko taco memang dibuat agar dimakan langsung memakai tangan.

BACA JUGA: Keracunan Makanan? Cepat Konsumsi 5 Santapan Ini!

7. Thailand

Saat pesan makan di café atau resto, pasti sering diberikan sendok dan garpu. Tak jarang juga kedua alat itu menjadi alat yang mendorong makanan masuk ke mulut. Tapi, tidak jika di Thailand.

Di sini, hindari menyuap langsung makanan memakai garpu. Fungsi garpu hanya untuk mendorong makanan ke sendok. Ini dilakukan karena sendok adalah alat makan utama di Thailand. []

SUMBER: WOMANTALK


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *