Foto: beritajakarta.com

Jaksa Bantah Tahan Linda 3 Bulan Karena Kasus Laundry Rp 78 Ribu

Foto: beritajakarta.com

Rosmalinda alias Linda alias Ocha yang sebelumnya pernah menceritakan dirinya dipenjara selama 3 bulan karena Rp 78 ribu, dibantah oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim).

Kejari Jaktim menyangkal cerita Rosmalinda, mereka mengaku hanya menahan Ocha selama 3 hari dari tanggal 15 hingga 18 Juli 2013. Sisanya yang menahan adalah Ketua PN Jaktim.

“Penahanan jaksa hanya 3 hari,” ujar Sriyono, Kasie Pidum Kejari Jaktim, seperti dilansir detik.com pada Selasa (18/4/2017).

Linda ditahan oleh jaksa dari tanggal 15 sampai 18 Juli 2013 saat pelimpahan berkas dan barang bukti. Alasan Jaksa waktu itu hanya untuk mempercepat proses sidang.

“Kemudian ditahan oleh pengadilan 30 hari. Lalu diperpanjang Ketua PN Jaktim dari 17 Agustus sampai 15 Oktober 2013 berdasarkan penetapan hakim,” ujar Sriyono.

 Sriyono menampik penahanan terdakwa selama tiga bulan atas usulan dari jaksa. Adapun perpanjangan penahanan atas permintaan pengadilan.

“Ini diteruskan pengadilan berdasarkan penetapan Ketua PN Jaktim,” pungkasnya.

Seperti diceritakan sebelumnya, Rose memberikan bahan cucian pada Linda pada Januari 2012. Tapi Rose tidak pernah mengambil baju itu kembali selama lebih dari setahun.

Pada awal 2013, Rose tiba-tiba menagih cuciannya dan Linda mengambil baju itu sudah dalam keadaan rusak dan kotor karena setahun tak kunjung di ambil.

Anehnya, Rose memperkarakan Linda hingga ke meja hijau. Linda awalnya tidak ditahan polisi. Hingga akhirnya jaksa menjebloskan Linda ke penjara.

Belakangan, Linda dibebaskan PN Jaktim pada Oktober 2013 dan dikuatkan Mahkamah Agung (MA) pada November 2016.

“Inilah peradilan kita. Kadang hanya melihat dengan kaca mata kuda, kering pertimbangan hukumnya. Hukum harus dilihat secara progresif, faktor niat jahat/mensrea tidak ketemu, sehingga harus bebas,” kata pakar hukum pidana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Prof Hibnu Nugroho. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *