menara pandang
menara pandang, Xian, China (foto: Tripchinaguide)

Jalan-jalan di Cina, Indahnya Menara Pandang Xian Malam Hari

menara pandang
menara pandang (foto: Tripchinaguide)

INSPIRADATA. Bell Tower atau Menara Pandang setinggi 40 meter di kota Xian, China ini dibangun pada tahun 1384 pada zaman akhir Dinasti Ming dan kemudian dirapikan kembali oleh Dinasti Tang.

Sebagai menara pandang, bangunan ini berfungsi sebagai pusat kota dan juga perdagangan.

Menurut sebuah legenda, Kota Xian sering dilanda gempa parah dan menyebabkan ribuan kematian setiap tahunnya. Sehingga sang kaisar memanggil seorang ahli nujum untuk melihat mengapa selalu terjadi gempa.

Akhirnya sang ahli nujum berkata bahwa ada sebuah sungai besar di bawah Kota Xian dan terdapat sebuah naga melintasi sungai tersebut. Karena ulah sang naga itulah Kota Xian sering dilanda gempa besar.

BACA JUGA
Weekend Jalan-jalan, Perhatikan Kulit Anda!
Keren, Purwakarta Punya Taman Batu yang Lagi Hits

Akhirnya diperintahkanlah para ahli pandai besi di Kota Xian untuk membuat rantai besi dan dihanyutkan di sungai bawah tanah untuk meredam ulah sang naga. Kemudian dihanyutkanlah ratusan ton rantai besi ke dalam sungai bawah tanah dan hingga saat ini Xian tidak pernah gempa lagi.

Kemudian dibangunlah Menara Bell Tower ini yang dilengkapi dengan sebuah bel raksasa dari besi setinggi 2,47 m dan berat 6,5 ton. Untuk masuk ke dalam menara pandang ini dikenakan biaya 35 Yuan per orang dan bisa melalui moda transportasi massal yaitu kereta bawah tanah.

Dengan naik kereta bawah tanah, dan turun di Stasiun Bell Tower. Tiket pass kereta bawah tanah ini cuma seharga 8 Yuan dan bisa untuk pulang pergi.

Dari atas Bell Tower kita bisa memandang Kota Xian 360 derajat yang sangat cantik di waktu malam. Jangan dilewatkan ketika kalian berada di Kota Xian yang berhawa sejuk di bulan Mei. []

Sumber: detiktravel


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *