Unik, Informatif , Inspiratif

Jalur ke Bandara Soetta Dijegal Warga

0

Pengalihan jalur menuju Bandara Soekarno Hatta Tangerang dari Perimeter Utara lama ke Perimeter Utara baru ditolak oleh puluhan masyarakat Desa Rawa Rengas, Kosambi, Tangerang, Jumat (1/3/2019).

Aksi unjuk rasa tersebut sebagai bentuk protes kepada pihak Angkasa Pura II atas pembukaan jalur Perimeter Utara baru. Tak hanya orasi di kawasan jalan setempat, aksi unjuk rasa juga diluapkan dengan memblokade jalur baru itu.

Massa juga membawa bendera kuning sebagai tanda berduka atas sikap pemerintah soal ganti rugi lahan penggusuran.

BACA JUGA: Bayi Ditemukan di Bandara Soekarno-Hatta

“Aksi ini untuk memprotes dibukanya Jalan Perimeter Baru, padahal proses pembebasan lahan masih belum selesai,” kata koordinator aksi bernama Thamrin.

Menurutnya, dari seluruh rumah yang terkena gusuran, masih terdapat 60 rumah lagi yang belum mendapatkan uang ganti lahan. Sementara jalan sudah difungsikan.

“Uang belum diganti seratus persen, tapi jalan sudah dibuka. Kami tolak itu, kami duduki jalan ini sampai Angkasa Pura II ganti rugi lahan kami,” ungkapnya.

Namun ia tak merinci berapa banyak rumah yang terdampak gusuran pembangunan jalur Perimeter Utara baru tersebut.

Seperti dilansir VIVA, Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang mengatakan, aksi tersebut tidak diketahui pihaknya. Perihal pergantian ganti rugi lahan pun ia mengklaim tidak tahu.

“Untuk data rinci saya tidak tahu, seperti ganti rugi lahan atau rumah yang digusur. Kalau pun ada aksi itu, kami akan koordinasi dengan pengamanan,” kata Toga.

BACA JUGA: Tiket Mahal, Jumlah Penumpang di Bandara Aceh Turun 30 Persen

Pembangunan Perimeter Utara baru hanya bergeser 500 meter dari yang lama. Memiliki panjang lintasan 6 kilometer dan lebar 6 sampai 7 meter. Pengalihan arus dari Perimeter Utara lama ke yang baru itu karena adanya penutupan Perimeter Utara lama lantaran, terdampak perluasan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta. []

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline