cara cuci tangan, Jangan Asal Cuci Tangan, Begini Cara yang Benar
Unik, Informatif , Inspiratif

Jangan Asal Cuci Tangan, Begini Cara yang Benar

0

Sebelum melakukan sesuatu, terutama saat mau makan, cuci tangan perlu kita lakukan. Mengapa? Sebab, kita mungkin telah memegang banyak benda. Dan kita tidak tahu, kuman apa saja yang telah menempel pada tangan kita tersebut.

Hanya saja, sedikit sekali orang yang memperhatikan pentingnya mencuci tangan. Padahal, jika ia tidak mencuci tangan, boleh jadi ia akan terserang penyakit. Dan hal tersebut baru ia sesali jika mulai terjadi sesuatu pada kesehatan tubuhnya.

Meski begitu, terkadang seseorang yang telah mencuci tangan pun masih ada yang terserang penyakit. Mengapa? Salah satu akibatnya karena kesalahan dalam mencuci tangan. Maka, perlu bagi kita mengetahui seperti apa cara mencuci tangan yang baik dan benar.

WHO pada tahun 2005 mengeluarkan pesan kesehatan untuk mencuci tangan dengan tujuh langkah sebagai berikut:

  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir. Ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

  3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih.

  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan.

  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

  7. Bersihkan kedua pergelangan secara bergantian dengan cara memutar. Kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir. Lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

Penggunaan sabun khusus cuci tangan baik berbentuk batang maupun cair sangat disarankan untuk menghilangkan kuman maupun bakteri secara maksimal. Pentingnya mencuci tangan secara baik dan benar memakai sabun adalah agar kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman dan bakteri berpindah dari tangan ke tubuh Anda. []

Sumber: artikel ini tersebar secara viral, sehingga kami kesulitan menemukan sumber aslinya


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.