minuman penghilang racun
Foto: IDN Times

Jangan Asal, Minum Jus juga Ada Aturannya

Jus minuman alami yang menyegarkan. Favorit banyak orang. Dewasa ini kedai jus banyak ditemui diberbagai tempat. Penggemarnya pun dapat dengan mudah menjangkaunya.

Jus memang terbilang minuman yang praktis dan mudah dibuat. Bahan dasarnya pun alami, yaitu buah atau sayuran. Tak heran jika minuman ini kaya akan manfaat bagi kesehata tubuh juga kecantikan. Namun, orang-orang kadang mengabaikan beberapa hal ketika meminumnya, sehingga manfaat yang didapat kurang maksimal.

Dilansir dari kumpulan.info, agar manfaat dari jus segar ini tidak sia-sia, peraturan berikut ini layak jadi perhatian:

Jus asam tidak cocok diminum di waktu pagi hari.

Memang pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk minum jus, karena jus buah mengandung banyak air dan serat yang akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Namun, untuk menghindari sakit perut, hindari lah meminum jus dari bahan buah-buahan yang asam. Pisang, pepaya, apel atau wortel bisa menjadi pilihan buah yang tepat untuk jus di pagi hari.

Jus bukan lah pengganti makanan.

Saat sedang diet atau untuk kesehatan, boleh saja mengganti makan malam dengan segelas jus. Tetapi, bukan berarti sarapan dan makan siang juga cukup hanya dengan minum jus.  Kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi dari makanan lain. Buah-buahan tidak akan dapat memenuhi kebutuhan jumlah minimum kalori yang harus dipenuhi dalam sehari.

Jus bukan pengganti buah.

Minum jus terus-menerus tanpa mengkonsumsi buah secara langsung tidak baik. Ini dapat meningkatkan berat badan. Perlunya tetap mengkonsumsi buah segar bermanfaat bagi lambung, karena pada saat proses mengunyah buah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal. Minum jus tidak bisa menggantikan prose situ.

Jus diminum beserta ampasnya.

Jika jus dibuat dengan menggunakan juicer, ampasnya akan terpisah. Ini sebenarnya kurang baik. Walau mungkin terasa tidak enak, sebaiknya jangan buang ampas buah yang telah terpisah. Jika menggunakan blender, jangan disaring untuk mendapatkan airnya saja. Biarkan ampas tetap tercampur dan diminum. Pada ampas buah terdapat serat dan vitamin, yang paling umum adalah vitamin C. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Jus jangan disimpan dalam waktu lama.

Jus yang telah dibuat sebaiknya segera diminum. Membuat jus yang baru kemudian diminum pada siang atau sore hari menurunkan manfaat dari jus. Vitamin yang ada dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita. Jika tidak bisa mengkonsumsi jus secara langsung, dapat dilakukan dengan cara membuat jus sedingin mungkin, kemudian disimpan dalam termos alumunium yang tertutup rapat. Kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya membantu mempertahankan vitamin yang ada pada jus selama 4 jam.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *