cara seduh teh
Foto: masternorthard

Jangan Berlebihan! Ini di Balik Minuman Teh Campur Susu

Tak sedikit yang menyukai minuman tak asing ini. Teh dicampur susu–atau sebaliknya–kerap dijajakan di kedai-kedai untuk dinikmati setiap saat.

Memang, semua yang dinikmati dengan berlebihan akan berdampak buruk bagi penikmatnya sendiri. Pun begitu dengan teh susu ini. Ada beberapa dampak yang ditimbulkan jika menikmati minuman ini secara berlebihan.

Meningkatkan risiko terkena batu ginjal

Kita bisa mendapatkan cukup banyak kandungan kalsium dalam susu yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi.

Sayangnya, kandungan kalsium pada susu ini bisa saling berikatan dengan kandungan di dalam teh yang disebut sebagai senyawa asam oksalat. Jika hal ini terjadi, maka terbentuklah partikel yang bisa meningkatkan resiko terkena batu ginjal.

Menurunkan manfaat sehat dari teh

Sudah menjadi rahasia umum, jika teh memiliki banyak sekali manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Contohnya, di dalam teh terdapat kandungan antioksidan yang sangat baik dalam hal memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah datangnya penyakit.

Sayangnya, dengan menambahkan susu pada teh, maka manfaat sehat teh ini akan berkurang drastis. Hal ini disebabkan oleh kandungan kasein pada susu yang ternyata menghambat kinerja dari senyawa katekin dan antioksidan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mulai menurunkan kebiasaan minum teh susu karena meskipun sangat nikmat, minuman ini ternyata kurang baik bagi kesehatan.

Sumber: Doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *