Jangan Kaget, Ternyata 10 Klub Sepak Bola Dunia Ini Pernah Bermain di Indonesia!

INSPIRADATA. Di bidang sepakbola, prestasi Indonesia memang tidak semulus Negara-negara Asia seperti Jepang dan Korea Selatan di kanca dunia. Apalagi dibandingkan dengan negara-negara Eropa dan Amerika Latin.

Namun tahukah Anda, jika Indonesia masih dipertimbangkan oleh klub-klub sepakbola dunia sebagai lawan tanding. Fanatisme publik Tanah Air jadi salah satu alasan kedatangan mereka ke negeri ini.

Dilansir tentik.com, berikut 10 klub sepakbola dunia yang pernah bermain di Indonesia.

1. Manchester United (1975)
Klub papan atas Premier League Inggris, Manchester United sudah menyambangi Indonesia pada tahun 1975 silam. Pada saat itu, tim ‘The Red Devils’ menggelar turnamen segitiga bersama dengan klub Belanda, Ajax Amsterdam, dan tim Indonesia Tamtama (All Star bentukan dari Liga Galatama Indonesia) di Jakarta. Tim ‘Setan Merah’ tersebut harus puas ditahan imbang tanpa gol oleh tim Indonesia, setelah sebelumnya takluk dari Ajax.

2. Arsenal (1983 dan 2013)
Tim papan atas lain dari Inggris, Arsenal bahkan sudah dua kali datang ke Tanah Air. Pertama kali pada tahun 1983, dengan hasil mengalahkan klub VSP Medan (PSMS Medan) di Medan dan VSPSSI (Tim Nasional Sea Games saat itu) di Jakarta, serta takluk di tangan NIAC Mitra di Surabaya. Kemudian, 30 tahun berselang, tepatnya pada tahun 2013, tim ‘The Gunners’ kembali ke Indonesia, dan membantai tim Indonesia IX dengan skor telak 7-0 di Jakarta.

3. AC Milan (1994)
Klub kuat asal Serie A Italia, AC Milan juga pernah merasakan bemain sepakbola menghadapi tim Indonesia pada tahun 1994. Saat itu, klub yang tengah dilatih oleh Fabio Capello tersebut sedang diperkuat banyak pemain terbaik dunia, seperti Franco Baresi, Marco Van Basten, dan Ruud Gullit. Klub yang saat itu baru saja menjuarai Serie A Italia dan Liga Champions tersebut berhasil mencukur Persib Bandung dengan skor 8-0, meski tanpa pemain bintang.

4. Borussia Dortmund (2007)
‘Die Borussen’ merupakan klub dari Bundesliga Jerman yang pertama kali bertandang ke Indonesia, tepatnya pada bulan Desembber 2007 lalu. Borussia Dortmund pun menggelar pertandingan melawan tim Indonesia Selection di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, ketika itu. Dalam laga tersebut, juara Liga Champions 1997 itu berhasil mengalahkan tim Indonesia Selection dengan skor tipis 1-0 melalui gol yang dicetak oleh Mladen Petric.

5. Bayern Munchen (2008)
Setahun setelah kedatangan Borussia Dortmund ke Indonesia, jawara Bundesliga Jerman lainnya, Bayern Muenchen pun ikut berkunjung. Pada bulan Mei 2008, tim berjuluk ‘Die Roten’ itu menghadapi Tim Nasional Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Klub yang saat itu masih diperkuat oleh kiper legendaris Oliver Kahn itu sukses menaklukkan skuad ‘Garuda’ dengan skor telak 5-1, di mana gol balasan dicetak Bambang Pamungkas.

6. Inter Milan (2012)
Saat masih diperkuat oleh salah seorang pemain dan kapten legendarisnya, Javier Zanetti, Inter Milan juga pernah menyambangi Tanah Air. Klub papan atas Serie A Italia itu bermain melawan Tim Nasional Indonesia PSSI (Indonesia Selection) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada bulan Mei 2012. Mereka berhasil mengalahkan tim negeri ini dengan skor 4-2, dimana dua gol balasan Indonesia dicetak oleh Patrich Wanggai dan Yosua Pahabol.

7. Liverpool (2013)
Pemain sepakbola dunia sekelas Steven Gerrard pun pernah merasakan rumput di Indonesia, saat datang ke negeri ini bersama dengan Liverpool tahun 2013. Klub papan atas Premier League Inggris berjuluk ‘The Reds’ tersebut menghadapi tim Indonesia IX di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada tanggal 20 Juni 2013. Hasilnya, kemenangan dengan skor 2-0 untuk tim tamu, di mana kedua gol dicatatkan Philippe Coutinho dan Raheem Sterling.

8. Chelsea (2013)
Pada tahun 2013, Chelsea juga berkunjung ke Indonesia, selang sebulan setelah kedatangan Liverpool. Ketika itu, tim juara Premier League Inggris musim 2014/2015 tersebut baru saja kembali dilatih oleh pelatih kenamaan Jose Mourinho. Tim Indonesia Selection BNI pun merasakan ketangguhan klub yang saat itu masih diperkuat oleh kapten John Terry tersebut. Mereka takluk dengan skor 8-1 dalam laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta itu.

9. Juventus (2014)
Juventus datang ke Indonesia pada tahun 2014, setelah memastikan gelar juara Serie A Italia tiga kali berturut-turut sejak tahun 2012. Ketika itu, tim degan julukan ‘I Bianconeri’ tersebut masih diperkuat oleh Andrea Pirlo dan Carlos Tevez. Mereka pun berhasil mencukur tim Indonesia ISL All Stars dengan skor telak 8-1, di mana kedua pemain bintang tersebut turut mencetak gol. Sedangkan gol balasan tim Indonesia ISL All Stars disarangkan oleh Lupicic.

10. AS Roma (2015)
Klub sepakbola dunia lainnya yang pernah bermain di Indonesia adalah AS Roma dari Serie A Italia. Mereka berkesempatan mengunjungi Tanah Air dan menggelar pertandingan eksebisi pada tanggal 25 Juli 2015 lalu. Namun sayangnya, juara Serie A Italia musim 2000/2001 saat masih diperkuat pemain sepakbola legendaris asal Argentina, Gabriel Batistuta tersebut tak bermain melawan tim lokal, karena ketika itu Indonesia sedang menjalani sanksi dari FIFA.

Wah, ternyata fans sepakbola Indonesia di mata dunia cukup diperhitungkan lho. Buktinya, sepuluh klub sepakbola dunia di atas rela jauh-jauh datang ke Indonesia hanya untuk menguji mental melihat semangat dan banyaknya jumlah fans sepakbola Indonesia. Ehm…[]


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *