Unik, Informatif , Inspiratif

Jangan Katakan Anak Anda Bodoh

0

INSPIRADATA. Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing. Sayangnya, tidak semua orangtua tidak mengetahui hal ini. Banyak dikalangan orangtua yang menilai anaknya hanya dari ukuran prestasi di sekolahnya saja. Jika perstasi anak di sekolah bagus, maka anda menilai bahwa anak anda pintar. Sebaliknya jika prestasi anak di sekolah kurang anda mengatakan anak anada bodoh. Inilah perkataan yang tidak boleh anda pada anak anada. Mengapa anda jangan katakan anak anda bodoh?

1. Setiap anak unik
Setiap anaka memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Artinya kemampuan setiap anak itu tidak bisa disamakan.

2. Perkataan orangtua adalah do’a
“Tidak doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir.” (HR. Al Baihaqi dalamSunan Al Kubro. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 1797).

Muhammad bin Isma’il Al Bukhari membawakan dalam kitab Al Adabul Mufrod beberapa riwayat mengenai doa orang tua. Di antara riwayat tersebut adalah: Abu Hurairah berkata, ”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيْهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدَيْنِ عَلىَ وَلَدِهِمَا

“Ada tiga jenis doa yang mustajab (terkabul), tidak diragukan lagi, yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian dan doa kejelekan kedua orang tua kepada anaknya.” (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam Al Adabul Mufrod no. 32. Dikatakan hasan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Adabul Mufrod no. 24).

Hadits ini menunjukkan bahwa doa jelek orang tua pada anaknya termasuk doa yang mustajab. Hal itu dibuktikan dalam kisah Juraij (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam Al Adabul Mufrod no. 33. Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Adabul Mufrod no. 25)

Jadi, janganlah sekali-kali kita mengatakan bodoh pada anak kita, karena siapa tahu itu menjadi doa untuk anak kita dan menjadikannya benar-benar jadi orang bodoh.

Sumber: Abu Muhammad


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.