foto: Satu Jam

Jangan Mau Kalah, Kita Tarik Ibrah dari 10 Hewan yang Berpuasa Ini!

INSPIRADATA. Umat Muslim yang taat dan beriman, pasti menyambut bulan suci Ramadhan dengan suka cita dan menjalankan puasa serta ibadah lain dengan sebaik-baiknya.

Namun, di samping umat Muslim sebagai manusia yang dituntut menjadi sarana Rahmatan lil Alamin –hewan pun– sebagai makhluk Allah, ada juga yang melakukan puasa.

Kami sitat dari beberapa situs, inilah beberapa hewan yang melakukan puasa, yang dapat kita ambil ibrahnya:

1. Unta

Unta, secara notabene adalah hewan yang hidup di iklim gurun. Merupakan salah satu hewan yang mampu untuk tidak makan dan minum dalam waktu yang cukup lama. Banyak yang mengira bahwa punggung unta yang menonjol ke atas berisi banyak air, hal itu merupakan kekeliruan.

Meski hidup di gurun pasir yang gersang, pungung unta tidaklah berisi air, melainkan lemak. Lemak inilah yang membantu unta agar mampu hidup hingga 40 hari tanpa makan dam minum, sebab cadangan lemak dipunggung unta akan diolah secara perlahan.

Hasil gambar untuk unta

2. Penguin

Jika unta merupakan hewan yang paling kuat bertahan di suhu panas, maka penguin adalah kebalikannya. Hewan yang terlihat menggemaskan tersebut mampu bertahan hidup di daerah yang sangat dingin, bahkan tak jarang penguin mampu beradaptasi dengan suhu hingga minus 10 derajat celcius.

Saat musim dingin tiba, penguin jantan bertugas mencari makanan dan penguin betina akan menjaga anak-anak mereka. Di suhu yang dingin sekalipun hewan yang hidup dikutub tersebut mampu bertahan hidup hingga 4 bulan tanpa makan dan minum.

Hasil gambar untuk penguin

3. Beruang

Beruang merupakan salah satu mamalia yang tergolong ordo carnivora. Di musim dingin, beruang dapat melalukan kebiasaan abadinya yaitu hibernasi atau tidur sepanjang musim dan akan terbangun jika dia merasa lapar. Meski tidak hibernasi sekalipun, beruang mampu bertahan tidak makan dan minum selama 10 minggu atau kurang lebih 3 bulan.

Hasil gambar untuk hibernate bear

4. Ular

Jenis reptil yang ditakuti banyak manusia ini memang memiliki pola hidup yang unik. Ular hidup dengan mengandalkan suhu. Di suhu dingin, metabolisme tubuh ular akan menurun, hal itulah yang membuat ular dapat bertahan hidup hingga 3 minggu tanpa makan dan minum sedikit pun.

Hasil gambar untuk beauty snake

5. Kura-kura galapagos

Kura-kura jenis galapagos terkenal sebagai hewan yang paling panjang umur yang masih bertahan hidup hingga ratusan tahun. Sama seperti ular, kura-kura jenis ini mampu hidup hingga 1 tahun tanpa makan dan minum.

Hasil gambar untuk galapagos tortoise

6. Buaya

Reptil yang memiliki tubuh besar dan biasanya hidup diar tersebut memiliki rekor yang sangat mengangumkan dalam menahan untuk tidak makan dan tidak minum yaitu selama tiga tahun. Menakjubkan!

Hasil gambar untuk green crocodile

7. Katak

Katak termasuk hewan yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan. Saat melalui masa hibernasinya, katak dapat bertahan tanpa makan dan minum selama 16 bulan.

Gambar terkait

8. Hiu putih

Hewan terakhir yang dapat bertahan untuk tidak makan dan minum adalah hiu. Hewan yang bernafas dengan paru-paru ini memiliki kehidupan yang unik, semakin lama hiu tidak makan dan tidak minum, maka kemampuannya semakin baik dalam memburu mangsa, bahkan dapat bertahan selama dua tahun.

Hasil gambar untuk white shark

9. Ayam Betina

Ayam yang sedang mengerami telurnya, memerlukan suhu tubuh yang tinggi dari biasanya. Puasa menjadi cara alami hewan tersebut menaikkan suhu tubuhnya –dalam masanya mengeram telur– tak makan, tak minum, dan melakukan aktivitas seperti biasanya sebelum itu. Demi kehidupan baru yang akan hadir, ayam betina rela berpuasa hingga 13 hari.

Hasil gambar untuk hen eggs hatching

10. Ulat

Menjadi contoh bagi umat muslim, ulat berpuasa dalam fase kepompong untuk menjadi kupu-kupu yang cantik dan anggun di kemudian hari. Dalam fase kepompong ini, ulat tak makan dan minum sekitar 15 – 20 hari. []

Hasil gambar untuk beauty butterfly

Sumber: Kabarmakkah | Brilio | Animals


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *