Unik, Informatif , Inspiratif

Jangan Memilih Ketika Bersedekah

0

Dalam amal kebaikan, sering sekali kita menemukan, seseorang memberi sedekah, beramal baik, membagi bantuan dan sumbangan, atas dasar golongan, kelompok, agama, atau kaumnya sendiri.

Bahkan, yang lebih parah, bantuan, sumbangan, atau amal sedekah itu diberikan atas dasar pertimbangan kepentingan politik dan ekonomi. Sungguh celaka orang-orang yang berperilaku hidup negatif seperti itu.

BACA JUGA: Rezeki Tak Terduga Lewat Sedekah

Amal baik harus dilakukan dengan cara yang baik dan untuk tujuan yang baik. Sedekah Anda berikan dalam tujuan nilai-nilai kemanusiaan dan keagamaan. Karena itu, jangan beda-bedakan siapa penerima sedekah.

Yang terpenting, dia berhak menerima karena kondisinya perlu dibantu. Bukan karena dia adalah anggota partai politik, jamaah mushola, anggota organisasi massa, atau bahkan gank kepentingan kita.

Bila seperti itu, sedekah Anda bukan saja tidak tepat sasaran, dan hanya akan memupuk tumbuhnya para penjilat di sekeliling Anda. Kepada merekalah harta Anda berikan, dan pasti sia-sialah di sisi Allah Swt.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam saja pernah ditegur Allah gara-gara bermuka masam kepada seorang buta, seperti diceritakan dalam Al Qur’an surat Abasa. Demikianlah seharusnya Anda bersikap kepada sesama; utamakan anak yatim yang tak mampu, keluarga yang sedang kesusahan, fakir miskin yang melarat, dan seterusnya.

BACA JUGA: Sedekahlah Sejak Pagi Hari, Ini Dia Keutamaannya

Orang-orang kaya yang telah bertumpuk harta, para pejabat yang sedang meroket karirnya, untuk apa Anda beri sedekah, meski atas nama parcel dan kado hadiah?

Lebih bermakna, bila sedekah Anda sampaikan kepada mereka yang lebih membutuhkan!

Sumber: Mukjizat Sedekah, Oleh: Muhammad Thobroni


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.