Foto: Contemplative Chaos

Jangan Memukul dan Berteriak Kepada Sang Buah Hati

INSPIRADATA. Setiap orangtua memiliki cara sendiri dalam mendidik anak, mulai didikan yang halus sampai yang kasar. Tujuannya yang pasti membentuk karakter sang anak agar mandiri dan kuat. Namun terkadang ada beberapa orangtua yang salah kaprah dalam mendidik anak dan malah menimbulkan rasa trauma pada anak. Demikian disitat dari Dream pada Senin (1/5/2017).

Cara yang selalu orangtua lakukan terhadap anak adalah salah satunya dengan memukul area bokong sang buah hati. Sebuah survei pada 2014, 76 persen pria dan 65 persen perempuan setuju bahwa memukul di bokong itu diperbolehkan. Faktanya, menurut penelitian di tahun 2016, memukul di bokong akan membuat perilaku buruk pada anak jangka panjang.

“Hal tersebut berhubungan dengan buruknya kesehatan mental, agresi, dan cenderung antisosial, dan perilaku ini mengindikasi pada kekerasan pada anak. Jangan pernah melakukannya,” kata Patricia Field, seorang psikolog anak.

Field juga mengungkapkan bahwa teriakan kepada anak itu tidak efektif untuk mendisiplinkan sang buah hati. Teriakan hanya akan menganggu perilaku anak, maka dekatilah dan bicaralah dengan tenang.

“Dengan begitu anak akan bisa mendengar Anda dengan baik. Selain itu kemarahan dan frustasi hanya akan membuat umpan balik pada emosinya,” ujar Field.

Banyak orangtua yang percaya bahwa cara pendekatan baik-baik akan melemahkan posisi orangtua, anak justru akan keenakan dan malah sulit diatur untuk kedepannya. Tapi anggapan tersebut tidak benar, justru dengan pendekatan baik-baik, anak akan banyak belajar.

“Negosiasi bukan berarti orangtua yang menuruti semua keinginan anak, tapi lebih pada agar anak tahu bagaimana menyampaikan kenginan, melakukan penawaran dan mencari alternatif solusi. Anak justru akan belajar banyak hal lewat negosiasi,” kata Field. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *