Unik, Informatif , Inspiratif

Jangan Meneriaki Anak, Ini Akibatnya

0

Membentak anak ataupun berteriak merupakan hal spontan yang biasa dilakukan orangtua untuk menunjukkan kekesalannya. Ini juga menjadi hal yang sulit dihindari oleh orangtua. Apa dampaknya bagi anak? Dan bagaimana cara mengurangi bentakan pada anak?

Bentakan yang merupakan gelombang suara, bila disertai gelombang emori yang dihasilkan oleh otak kiti akan berkolaborasi menghasilkan gelmbang baru dengan efek negatif. Efek ini bersifat destruktif terhadap sel-sel otak, terutama bagi anak yang menjadi sasaran bentakan tersebut.

BACA JUGA:Usia Berapa Anak Boleh Minum Kopi?

Anak-anak yang sering mendapatkan bentakan akan lebih rentan terserang penyakit mental seperti depresi dan juga kecemasan berlebih.

Selain Itu, dampak panjang yang akan terjadi pada anak cukup merugikan. Anak yang menjadi korban didikan keras orangtua pun akan tumbuh menjadi sosok yang suka melawan orangtua dan menolak untuk patuh pada peraturan apa pun.

Berikut ini dampak jangka panjang membentak anak:

1. Anak akan menjadi minder dan takut mencoba hal-hal baru.

2. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang peragu dan tidak percaya diri.

3. Anak akan memiliki sifat menantang, keras kepala dan suka membantah nasehat orangtua.

4. Anak akan memiliki sifat pemarah dan egois.

5. Anak akan memiliki pribadi yang tertutup.

6. Anak cenderung apatis dan tidak peduli terhadap lingkungan.

BACA JUGA: Anak Zaman Sekarang Lebih Lemah dari Anak Zaman Dulu, Benarkah?

Adapun cara menghentikannya bisa dengan mulai mengubah posisi tubuh, seperti dari berdiri menjadi duduk atau sebaliknya. Hal ini akan menurunkan ketegangan emosi. Jangan terpengaruh untuk menghentikan teriakan anak dengan bentakan yang lebi hebat. Palingkan sejenak wajah Anda dari anak yang membuat emosi Anda meledak.

Sedangkan, bila orangtua mendidik anak dengan lemah lembut akan menjadikannya sosok yang lebih bijaksana dalam menghadapi hidupnya. []

SUMBER: FIMELA


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline