Unik, Informatif , Inspiratif

Jangan Menyesal, Ini Dampak Positif Rasa Bosan Anda

0 28

Kadangkala, kita sering merasa bersalah atau tak karuan sesaat setelah gelombang kebosanan muncul. Semua hal mempunyai sisi positif dan negatif. Sudut pandang selalu berbeda, termasuk tentang kebosanan ini.

Padahal, jika diolah lagi kebosanan memiliki sisi positif juga. Berikut adalah beberapa manfaat dari rasa bosan yang biasa Anda alami:

1. Kebosanan mengajarkan Anda banyak hal

Merasa bosan tidak hanya memberi Anda kesempatan untuk melamun dan menghayal sejenak.

BACA JUGA: Selain Penghilang Rasa Bosan, Permen Karet Ternyata Baik untuk Otak lho

Menurut Dodgen-Magee, “Rasa bosan memiliki kekuatan untuk mengurangi rasa cemas terutama mengenai kehilangan, dan juga memberikan kekuatan untuk mengembangkan kapasitas untuk lebih menghargai diri sendiri apa adanya.”

Dengan kata lain, merasa bosan dapat mengajarkan Anda untuk merasa baik-baik saja dalam berbagai hal, daripada harus cemas memikirkan apa yang belum Anda lakukan.

2. Kebosanan memberikan waktu untuk diri sendiri

Menurut David Barbour, salah satu pendiri perusahaan kesehatan Vivio Life Sciences, mengatakan bahwa dengan merasa bosan berarti Anda memiliki waktu luang yang bisa Anda lakukan untuk memberi kesenangan kepada diri sendiri, dengan bermain game misalnya.

Dalam arti lain, gunakan kebosanan sebagai waktu luang yang dapat Anda habiskan dengan cara apa pun yang Anda inginkan, membaca buku, melakukan hobi baru, dan lainnya.

3. Kebosanan dapat membantu memproses emosi yang rumit

“Kebosanan adalah cara Anda untuk membiarkan perasaan atau keinginan untuk melakukan sesuatu hal,” ujar Katie Leikam, LCSW, LISW-CP, seorang terapis dan pemilik True You Southeast.

Ia juga mengatakan, itu juga tentang mengambil kendali, dalam arti bahwa terserah Anda untuk menemukan solusi dan ide untuk apa yang harus dilakukan dengan waktu Anda tersebut.

BACA JUGA: Ini Cara Bikin Suami Tidak Bosan pada Istri

Menurut Leikam, rasa bosan dapat menjadi kesempatan yang bagus untuk memproses emosi Anda dan mengajarkan Anda untuk merasa nyaman dan percaya diri mengatasi emosi-emosi ini. []

SUMBER: MEDCOM

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline