kemasukan air
Foto: Fact

Jangan Panik! Ini yang Harus Dilakukan Jika Telinga Anda Kemasukan Air

Anda mungkin pernah mengalami telinga yang kemasukan air saat keramas atau saat berenang. Hal ini akan membuat telinga terrasa tidak nyaman.

Jika ini terjadi, Anda tidak perlu panik dan harus tetap tenang. Berikut tips-tips jitu untuk mengatasi telinga yang kemasukan air yang dilansir Vemale.

1. Yang pertama adalah lap telinga dengan kain yang menyerap air. Mengelap telinga bagian luar secara perlahan-lahan memakai kain yang halus mungkin bisa menyerap sebagian air di telinga. Jangan mendorong kain ke bagian dalam telinga karena justru akan mendorong air.

2. Selanjutnya miringkan kepala  ke arah telinga yang kemasukan air.

3. Kamu juga disarankan untuk berbaring miring. Ini karena air akan mengalir menuju tempat lebih rendah karena pengaruh gaya gravitasi.

4. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menguap. Gerakan ini kemungkinan akan membantu melegakan ketegangan bagian telinga sehingga bisa membuat air keluar.

5. Last but not least, kamu juga bisa mengunyah. Gerakan mengunyah akan membantu membebaskan air sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah. Sangat disarankan untuk mengunyah sembari memiringkan kepala agar air makin mudah keluar.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat telinga terasa lega dan bebas dari air yang masuk. Semoga bermanfaat ya. Jika masih belum teratasi kamu disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *