Jangan Sembarang Cuci Muka, Begini Caranya

Foto: Pondok Ibu

INSPIRADATA. Banyak orang yang mengeluhkan masalah kulit muka, padahal mereka sudah rajin membersihkannya. Sebenarnya masalah tersebut bisa muncul karena berbagai faktor.

Faktor dalam mungkin karena kurangnya konsumsi buah dan sayur. Dan faktor luar seperti produk pembersih muka yang tidak sesuai atau karena cara mencuci muka yang keliru.

Lalu bagaimana cuci muka yang baik dan benar agar hasilnya maksimal ? Berikut adalah beberapa tips bagaimana cara mencuci muka yang baik dan benar:

• Pastikan tangan Anda bersih

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka sangat penting. Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang langsung mencuci muka tanpa terlebih dulu mencuci tangan. Saat Anda mencuci muka dengan tangan yang masih kotor, bakteri-bakteri yang ada di tangan dapat dengan mudah berpindah ke muka anda. Itu berarti Anda tidak benar-benar mencuci muka anda.

• Bersihkan makeup sebelum mencuci muka dengan air.

Berpikir bahwa mencuci muka dengan sabun sudah cukup untuk menghilangkan makeup? Anda keliru. Membersihkan muka yang benar adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover. Untuk membersihkan makeup mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, Anda bisa memakai cairan remover khusus dengan berbahan dasar minyak.

• Pilih sabun muka yang sesuai

Anda sebaiknya mengenali jenis wajah Anda terlebih dahulu. Karena sabun muka yang digunakan untuk kulit kering tentu berbeda dengan sabun muka yang digunakan untuk kulit normal atau kulit berminyak. Anda juga perlu memperhatikan scrub dalam sabun muka. Sebagian orang beranggapan semakin banyak scrub dalam sabun muka, semakin baik untuk digunakan. Namun sebenarnya penggunaan scrub dalam sabun muka tidak dianjurkan. Lebih baik pilihlah sabun muka berbentuk gel tanpa scrub. Jika memang ingin ada scrub, pastikan scrub yang ada pada sabun muka anda scrub yang lembut. Kemudian apabila setelah mencuci muka masih merasa belum bersih dan justru terasa kering, segeralah untuk berganti sabun pencuci muka, karena itu tanda bahwa sabun muka yang Anda gunakan tidak cocok dengan muka Anda.

Mitos bahwa semakin kesat kulit anda, berarti semakin bersih anda mencuci muka sebaiknya dihilangkan. Sabun muka yang baik adalah sabun muka yang membuat tekstur muka anda menjadi lembap. Karena jika terlalu kering berarti kelembapan alami pada kulit wajah Anda terkikis dan sebaiknya Anda cepat-cepat berganti sabun muka.

• Gunakan air hangat

Banyak orang yang masih mempercayai perawatan masa lalu, yaitu mencuci muka dengan menggunakan air panas dan selanjutnya membilasnya dengan air dingin. Air panas dianggap akan membuka pori-pori, kemudian dibilas dengan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori. Hal tersebut sama sekali tidak benar. Penggunaan air yang terlalu panas dapat membuat kulit wajah menjadi kering, sedangkan penggunaan air yang terlalu dingin untuk wajah dapat merusak pembuluh kapier pada wajah anda. Suhu terbaik untuk mencuci muka adalah dengan menggunakan air hangat. Hasilnya akan terlihat setelah Anda mencuci muka.

• Jangan terlalu sering mencuci muka

Mencuci muka memang baik untuk dilakukan. Namun jika terlalu sering, mencuci muka justru dapat merusak kulit wajah Anda. Terlalu sering mencuci muka akan membuat kulit Anda menjadi kering dan teriritasi. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, terlalu banyak mencuci muka justru seringkali akan membuat wajah menghasilkan minyak yang lebih banyak. Disarankan untuk mencuci muka hanya dua kali dalam sehari.

Demikian tips mencuci muka dari Inspiradata. Selamat Mencoba. [Mila/Inspiradata]


Artikel Terkait :

About Fauzan Ahmad Lukman

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *