, Jangan Sepelekan 5 Gejala Gangguan Kesehatan Ini!
Unik, Informatif , Inspiratif

Jangan Sepelekan 5 Gejala Gangguan Kesehatan Ini!

0

Sebagian orang masih tidak acuh ketika mengalami gejala gangguan kesehatan yang tampak sepele. Bukannya buru-buru memeriksakan diri ke dokter, mereka malah santai-santai saja.

Padahal, memperhatikan gangguan-gangguan kecil pada tubuh adalah sebuah keharusan. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi kemungkinan adanya gejala penyakit serius yang berbahaya ketika masih pada tahap awal.

Dilansir dari laman The Healthy, berikut delapan gejala gangguan kesehatan yang tampak sepele, padahal perlu Anda perhatikan.

1. Pusing usai duduk

Anda merasa dunia berputar usai Anda duduk dan kemudian berdiri? Bisa jadi Anda mengalami darah rendah. Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh menstruasi, perdarahan yang banyak, dehidrasi, diet yang yang berlebihan, pengaruh obat hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan dan gangguan hormonal.

2. Tangan gemetar

Tangan gemetar identik dengan penyakit Parkinson. Penyakit itu sering dimulai hanya pada satu sisi tubuh, dan akan diikuti dengan gejala lainnya seperti kekakuan, gerakan lambat, dan kehilangan koordinasi. Selain itu, tangan gemetar juga bisa menandakan gula darah rendah atau masalah tiroid.

3. Nyeri dada

Pernah merasakan nyeri di bagian dada? Mungkin Anda akan menyepelekannya karena rasa nyeri gampang hilang begitu saja. Padahal, bisa jadi itu adalah tanda adanya masalah jantung, apalagi jika nyeri terjadi di sebelah kiri.

Jika Anda merasakan nyeri dada di bagian dada tengah atau kiri, rasanya seperti terimpit atau tertekan, itu bisa jadi penyakit jantung.

Selain jantung, nyeri dada juga bisa menandakan bahwa Anda mengalami gangguan kesehatan otot dan tulang, penyakit paru, dan lambung.

4. Telinga berdenging

Telinga berdenging bisa sangat mengganggu Anda. Jangan sepelekan kondisi ini karena bisa jadi itu tanda arteri Anda mengeras atau Anda memiliki tekanan darah tinggi.

5. Mata kedutan

Hampir setiap orang pernah merasakan hal ini. Sayangnya, banyak yang menyepelekan kondisi ini karena berpikir akan segera hilang dengan sendiri.

Padahal, beberapa gangguan kesehatan kerap dikaitkan dengan kondisi mata kedutan. Misalnya, stres, kelelahan, konsumsi kafein berlebih, serta pengonsumsian alkohol.

Anda bisa menghentikan kedutan dengan mengistirahatkan mata Anda sepanjang hari. Batasi pula aktivitas malam hari terkait penggunaan gawai. Jika membatasi waktu layar tidak membantu, kedutan bisa menjadi tanda masalah neurologis pada beberapa kasus.

Gangguan kesehatan yang tampak sepele di atas memang sering luput dari perhatian Anda. Nah, mulai sekarang, bila Anda mengalami gejala di atas jangan diabaikan. Apalagi jika gejala yang dirasakan semakin sering dan berat. Segera periksakan diri Anda ke dokter. []

SUMBER: www.klikdokter.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.