jantung ratu prancis
Foto: telegraph.co.uk

Jantung Ratu Prancis Dalam Wadah Emas Dicuri

Pencuri berhasil membobol keamanan Museum Thomas-Dobree di Nantes, Prancis, dan mengambil sebuah wadah emas berbentuk oval yang didalamnya berisi jantung Ratu Prancis pada abad 15. Insiden tersebut terjadi pada pekan lalu.

Wadah yang dilapis emas seberat 100 gram itu dibuat untuk mengabadikan kenangan Ratu Anne dari Brittany yang dinobatkan sebagai ratu Prancis sebanyak dua kali.

Pemilik museum, Philippe Grosvalet mengatakan, pencuri berhasil kabur dengan memecahkan kaca jendela meskipun alarm sudah berbunyi.

“Ini lebih dari sekedar simbol karena berisi jantung ratu Prancis yang menjadi bagian dari sejarah kita. Nilai sejarah dan simbolnya jauh melebihi 100 gram emas,” kata Grosvalet, presiden Loire-Atlantique di pantai barat Prancis seperti dikutip dari Tempo.

Heart of Anne dipamerkan di museum itu selama lebih ratusan tahun dan selamat dari Revolusi Prancis pada 1789.

Anne pertama kali naik tahta sebagai ratu di tahun 1491 hingga 1498 ketika ia menikah dengan Raja Charles VIII. Saat menikah Ratu Anne masih berusia 12 tahun.

Dia sekali lagi dinobatkan ketika menikah dengan Raja Louis XII setelah kematian suami pertamanya pada 1498.

Anne meninggal pada tahun 1541 di usia 36 tahun sebelum dimakamkan di Saint Denis dekat Paris tetapi jantungnya disimpan di makam keluarganya di Nantes sebagai simbol kesetiaan kepada Brittany. Pada abad pertengahan Nates di Prancisjuga dikenal sebagai Inggris. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *