manfaat mengejutkan kunyit
Foto: Alodokter

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan yang Mengejutkan

Salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk bahan dapur adalah kunyit. Bahan dapur yang mempunyai nama lain kunir ini termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara.

Selain sering digunakan bahan dapur, kunyit mempunyai banyak manfaat kesehatan lho. Nah, berikut manfaat lain kunyit untuk kesehatan seperti dilansir brilio.net.

1.  Mencegah diabetes
Kunyit memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar gula darah. Ditambah juga mengurangi resistensi insulin dalam tubuh. Karena itu, kunyit adalah cara mencegah diabetes yang manjur.

2. Mengobati flu dan batuk
Minum susu kunyit hangat saat flu dan batuk adalah makanan pokok di setiap rumah di India. Ini karena kunyit adalah agen anti-inflamasi dan anti-mikroba yang sangat baik. Sebenarnya, minum susu kunyit sangat manjur sehingga mereka yang meminumnya setiap hari dapat terhindar dari batuk dan pilek.

3. Mencegah sindrom metabolik
Sindrom metabolik adalah kondisi di mana kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan lemak tubuh meningkat secara signifikan, yang pada gilirannya menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Kunyit membantu mengekang semua ini dengan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

4. Menghilangkan nyeri di punggung
Ini adalah obat penghilang rasa sakit alami. Kunyit juga dikenal sebagai aspirin alami karena merupakan penghilang rasa sakit di punggung yang manjur. Zat yang dikandungnya bisa mengurangi kadar prostaglandin dan interleukin di tubuh kamu, yang menghasilkan rasa sakit.

5. Menghilangkan depresi
Obesitas dan depresi adalah dua sisi mata uang yang sama. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa kedua kondisi tersebut menghasilkan masalah seperti peningkatan peradangan, resistensi insulin, dan ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, kunyit sangat baik untuk melawan depresi karena merangsang pelepasan serotonin dan dopamin di otak, yang membuat semangat kamu tetap terjaga sepanjang hari. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *