Unik, Informatif , Inspiratif

Jarang Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Merusak Ginjal

0

Ginjal, salah satu organ tubuh vital milik manusia yang perlu dijaga. Ya, alat penyaring darah ini sangat vital fungsinya. Jika terjadi kerusakan dapat fatal akibatnya terhadap kesehatan.

Seseorang perlu mengurangi bahkan mencegah beberapa kebiasaan yang tak disadari dapat merusak ginjal. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Terlalu banyak konsumsi garam

Garam atau natrium banyak ditemui pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Bagi mereka yang memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi atau hipertensi, natrium seolah jadi musuh sebab dapat memicu penyakit kronis ini.

Namun, konsumsi garam berlebihan tak hanya berisiko mengalami hipertensi, tapi juga berisiko merusak ginjal.

BACA JUGA: Biji Alpukat Bisa Sembuhkan Penyakit Ginjal? Ini Penjelasan Pakar

2. Kurang minum

Ginjal berfungsi untuk menyaring racun-racun pada darah. Demi performa maksimal, ginjal memerlukan asupan cairan yang cukup. Kurang minum dapat menurunkan performa ginjal sekaligus mampu merusak organ ini.

3. Konsumsi alkohol

Minum satu atau dua gelas alkohol mungkin masih bisa ditoleransi. Namun, jika berlebih, seseorang harus siap dengan risiko kerusakan ginjal.

4. Menahan kencing

Sulit menemukan toilet saat bepergian terpaksa membuat orang menahan kencing. Meski sepele, tapi kebiasaan ini bakal berdampak negatif untuk ginjal.

BACA JUGA: Awas, Waspada 4 Gejala Sakit Ginjal Ini

5. Kurang gerak

Bekerja di depan komputer memaksa orang untuk duduk berlama-lama menatap layar. Jika tidak diimbangi dengan bergerak atau berjalan, kebiasaan ini rupanya memberikan efek pada ginjal. []

SUMBER: CNNINDONESIA

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline