Ilustrasi. Foto: today.tamu.edu

Jarang Ditemukan, Inilah 7 Jenis Kupu-Kupu Cantik dari Penjuru Dunia

Kupu-kupu merupakan serangga yang masuk ke dalam ordo Lepidoptera atau serangga yang memeiliki sayap bersisik. Hewan ini bisa dibilang menjadi satu-satunya serangga yang bisa diterima oleh seluruh manusia di semua kalangan. 

Kupu-kupu merupakan salah satu hewan bersayap yang memiliki pesona. Hewan mungil yang identik dengan bunga-bungaan ini punya warna dan corak sayap yang beraneka. Tak heran, banyak yang mengagumi kecantikannya.

BACA JUGA: Kebahagaian Ibarat Keindahan Kupu-kupu, Tidak Dapat Digenggam Tapi

Lalu, seperti apa kupu-kupu tercantik di dunia?

Dari beragam corak dan warna yang terdapat di sayap kupu-kupu, terdapat beberapa yang dianggap paling cantik di dunia.

Berikut ini ulasannya:

The Blue Morpho

Ilustrasi. Foto: Flickr

Jenis kupu-kupu tercantik di dunia yang pertama adalah The Blue Morpho. Memiliki sayap yang terbilang cukup besar dengan gradasi warna biru dan hitam membuat kupu-kupu ini terlihat sangat mamukau.

Ditambah dengan corak bintik putih dan merah di sepanjang sayapnya membuat kupu-kupu ini begitu sangat elegan.

The Glasswing Butterfly

Ilustrasi. Foto: Pixel

Selanjutnya, The Glasswing Butterfly didapuk masuk ke dalam deretan jenis kupu-kupu tercantik di dunia.

Seperti namanya, sayap kupu-kupu ini di dominasi dengan sayap yang tembus pandand. Ditambah dengan tulang-tulang sayap yang menghiasi sayap tembus pandang tersebut membuat siapa saja yang melihatnya akan terpukau.

Di ujung sayap juga dihiasi dengan warna hitam, putih serta sedikit berwarna coklat menjadikan kupu-kupu ini tambah cantik.

The Sri Lankan Ceylon Rose

Ilustrasi. Foto: flickr

Memiliki bentuk sayap yang unik, The Sri Lankan Ceylon Rose masuk ke dalam deretan jenis kupu-kupu tercantik di dunia.

Bentuk sayap yang memanjang di bagian atas dekat dengan kepala serta memiliki beberapa lekukan-lekukan di bagian bawah sayap membuatnya terkesan sangat unik.

Tidak ketinggalan dengan corak warna hitam, putih serta sedikit warna coklat membuatnya terlihat begitu elegan.

Sapho Longwings

Ilustrasi. foto: stocksy

Kupu-kupu yang cantik ini bisa kalian temui di kawasan Meksiko dan Ekuador. Sapho Longwings merupakan jenis kupu-kupu tercantik di dunia selanjutnya.

Memiliki corak dominasi warna biru navy serta dihiasi dengan warna putih di tengah sayap membuatnya terlihat sangat mempesona.

Seperti namanya, sayap dari Sapho Longwings tergolong lebih panjang daripada kupu-kupu lainnya yang kerap kalian temui.

Spicebrush Swallowtails

Ilustrasi. Foto: The Butterfly WebSite

Selain masuk sebagai jenis kupu-kupu tercantik, Spicebrush Swallowtails juga merupakan jenis kupu-kupu terbesar di dunia.

BACA JUGA: Jangan Mau Kalah, Kita Tarik Ibrah dari 10 Hewan yang Berpuasa Ini!

Kupu-kupu ini mampu untuk merentangkan sayapnya hingga mencapai 4 inchi. Tidak hanya itu saja, kupu-kupu ini terlihat sangat cantik dnegan sayap yang didominasi warna hitam dan sedikit corak berwarna putih.

Malabar Banded Peacock

Ilustrasi. foto: TripAdvisor

Siapa sih yang tidak akan tersentuh saat pertama kali melihatnya? Malabar Banded Peacock ini memiliki warna sayap yang begitu memukau.

Bagian luar sayap yang berwana hitam sedangkan bagian dalam berwarna turquoise membuatnya terlihat sangat elegan. Kalian bisa melihat jenis kupu-kupu di Ghats barat India. Namun, perlu diingat jangan pernah sekalipun untuk menangkapnya sebab kupu-kupu ini sudah berkurang jumlah kawanannya.

Peacock Swallowtail

Ilustrasi. foto: Pixels

Jenis kupu-kupu tercantik di dunia yang terakhir adalah Peacock Swallowtail. Walaupun di dunia ini terdapat banyak sekali jenis kupu-kupu Swallowtail, Peacock Swallowtail ini merupakan satu-satunya yang memiliki kesan misterius.

Didominasi dengan warna gelap berupa hitam dan biru serta sedikit terdapat warna merah muda di bawah sayapnya membuatnya terkesan begitu memukau. Kupu-kupu jenis ini memiliki bentuk bagian bawah sayap yang menyerupai The Sri Lankan Ceylon Rose, adanya lekukan-lekukan yang mebuatnya terlihat unik. []

SUMBER: MEDCOM


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *