Unik, Informatif , Inspiratif

Jatim Provinsi Terbanyak Kasus Korupsi Selama 2018

0

Indonesia Corruption Watch (ICW) baru saja mengumumkan hasil pemantauan penindakan korupsi yang terjadi sepanjang tahun 2018. Dalam rilis tersebut, Jawa Timur (Jatim) menjadi daerah dengan kasus korupsi terbanyak berdasarkan pemantauan ICW.

Menurut Staf Divisi Investigasi ICW, Wana Alamsyah, dari total sepuluh daerah pengamatan ICW, Jawa Timur memimpin dalam hal korupsi dengan total 53 kasus. Kasus korupsi di Jatim merugikan negara hingga Rp125,9 miliar.

BACA JUGA: Wah, Penjara di India Ini Haruskan Tahanannya Berkeliaran, Kenapa?

“Berdasarkan data kami, Jawa Timur menjadi daerah dengan kasus korupsi terbanyak, 53 kasus ditindak sepanjang tahun 2018 dengan penangkapan 135 orang tersangka,” ujar Wana, Kamis (07/02/19).

Wana juga mengatakan, Jawa dan Sulawesi menjadi pulau paling banyak kasus korupsi sepanjang 2018. Jawa Tengah pun menduduki posisi kedua sebanyak 36 kasus dengan 65 orang tersangka yang merugikan negara hingga Rp152,9 miliar.

Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Sulawesi Selatan dengan 31 kasus, 62 tersangka, dan kerugian negara Rp74,5 miliar.

Dilanjutkan oleh Jawa Barat di posisi keempat dengan 27 kasus, 71 tersangka, dan kerugian negara Rp51,4 miliar.

Selanjutnya, Sumatera Utara di peringkat kelima dengan 23 kasus, 104 tersangka, dan total kerugian negara Rp1,1 triliun. Sementara itu, Kalimantan Tengah menjadi daerah paling sedikit kasus korupsi sepanjang 2018 dengan total kasus 15 dan 25 tersangka dengan total kerugian Rp102 miliar.

BACA JUGA: Penganiayaan terhadap Pegawai KPK di Hotel Borobudur, Ini Kejadiannya

Data ini didapat ICW dari pemantauan kinerja penanganan perkara korupsi penegak hukum dalam tahap penyidikan selama 2018. Metodologi yang digunakan adalah penggalian informasi, tabulasi data, olah data, komparasi data, dan analisis deskriptif melalui media massa, media online dan keterangan penegak hukum. []

 

SUMBER: MEDCOM


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline