Foto: Detik

Jawa Tengah Mulai Berlakukan Kartu Nikah

Provinsi Jawa Tengah mulai memberlakukan kartu nikah per 1 Januari 2019. Kota Semarang dan Kabupaten Tegal menjadi dua daerah di Jateng yang dijadikan pilot project untuk pemberlakuan kartu nikah.

“Kartu nikah saat ini sudah berjalan, tapi belum menyeluruh,” kata Humas Kanwil Kemenag Jawa Tengah, M Afif Mundzir, kepada Medcom.id, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (10/1/2019).

BACA JUGA: Menag: Buku Nikah Tak Diganti Kartu Nikah

Afif menyatakan, tidak semua kabupaten/kota di Jateng diberlakukan kartu nikah. Sementara ini, Kota Semarang dan Kabupaten Tegal, menjadi daerah yang diberlakukan kartu nikah.

“Jateng tidak semua, ada beberapa kabupaten/kota yang dilakukan. Dan berjalannya waktu diserahkan ke titik-titik, sehingga dievaluasi seberapa efektif untuk diteruskan atau tidak,” ujar Afif menegaskan.

Menurut Afif, kartu nikah hanya berlaku bagi pasangan pengantin yang menikah mulai 2019. Adapun pasangan pengantin yang menikah sebelum 2019 masih menggunakan buku nikah.

BACA JUGA: Soal Kartu Nikah, Begini Kata JK

“Kartu nikah untuk pengantin baru, kalau pengantin yang lama-lama enggak perlu,” terang Afif.

Afif berujar putri Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Mohamad Nasir, Arynal Haq, yang dinikahi oleh Ardy Wildan, turut menjadi pasangan pengantin yang diberi kartu nikah. Pasangan ini menikah pada 5 Januari 2019. “Kemarin putri Pak Nasir nikah juga dibagikan,” ungkap Afif. []

SUMBER: MEDCOM


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

tukang becak

Dipenjara, Tukang Becak Ini Dapat Donasi Rp 700 Juta Lebih

Akibat kecelakan itu, nyawa penumpang tidak tertolong dan akhirnya meninggal 15 menit setelah tiba di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *