Unik, Informatif , Inspiratif

Jawaban-jawaban di Balik Piramida Gunung Padang

0

Sebuah struktur bangunan kuno piramida raksasa yang disebut-sebut sebagai sisa-sisa kuil kuno di Jawa Barat sempat menggemparkan dunia arkeologi.

Dikutip dari Live Science, bukti mengenai temuan yang terkubur ribuan tahun tersebut dikemukakan para ilmuwan di dalam pertemuan tahunan American Geophysical Union (AGU), pada 12 Desember 2018.

Terletak di puncak Gunung Padang, Desa Karyamukti, Cianjur, Jawa Barat, struktur mirip piramida itu tertutup oleh situs arkeologi yang ditemukan pada awal abad ke-19 dan ditopang oleh barisan pilar batu kuno.

BACA JUGA: Bangunan Romawi Kuno Ini Selamat dari Perang Suriah

Sementara lereng ‘bukit’ di bawahnya bukan bagian dari lanskap batu yang terbentuk oleh alam. Tapi lereng tersebut dibuat oleh tangan manusia. “Apa yang sebelumnya nampak seperti permukaan bangunan, ternyata adalah puncak sebuah struktur raksasa,” kata seorang ahli geologi, Andang Bachtiar.

Kuil

Sementara itu, kepala proyek penelitian situs Gunung Padang, Danny Hilman Natawidjaja, mengemukakan bahwa struktur tersebut kemungkinan merupakan sebuah kuil.

“Meskipun hampir menyerupai sebuah piramida, tapi struktur tersebut berbeda dari piramida yang dibangun oleh bangsa Maya,” ujar Danny, peneliti senior di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Jika piramida Maya cenderung simetris, maka struktur di Gunung Padang ini memanjang, dengan bentuk seperti setengah lingkaran di bagian depan. Ini adalah kuil yang unik,” ujar dia.

BACA JUGA: Bagaimana Bangsa Mesir Kuno Bangun Piramida?

Danny dan timnya mengatakan, beberapa batuan megalit yang menonjol keluar di situs Gunung Padang tidak sama dengan batu-batu yang berdiri di sekitarnya.

Bukit dengan bentuk unik di puncak Gunung Padang itu juga tampak berbeda dari lanskap sekitarnya.

“Seperti bukan bagian dari topografi Gunung Padang, yang sudah sangat terkikis. Bukit itu usianya lebih muda. Terlihat seperti buatan manusia bagi kami,” kata Danny. []

SUMBER: LIVESCIENCE | DREAM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.