Unik, Informatif , Inspiratif

Jejak Charlie Chaplin di Kota Garut

0
charlie chaplin, Jejak Charlie Chaplin di Kota Garut
Foto: Guzlint

INSPIRADATA. Komedian dunia, Charlie Chaplin ternyata pernah berkunjung ke Indonesia. Tepatnya ke kota Garut, Jawa Barat. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1927 dan 1935.

Jejak kedatangan lelaki yang menjadi ikon film bisu itu diabadikan oleh Tilly Weissenborn, seorang fotografer keturunan Jerman yang lahir di Kediri, Jawa Timur. Stasiun Cibatu menjadi tempat bersejarah yang menjadi saksi kedatangan Chaplin di Garut.

Dalam fotonya di stasiun Cibatu, Chaplin terlihat berbeda tanpa kostum dan kumis yang jadi ciri khasnya. Namun, kedatangan pria peraih Academy Award itu disambut meriah oleh warga sekitar.

Dilansir dari jadiberita.com, saat di Garut, Chaplin menginap di Hotel Grand Ngamplang, sekitar satu kilometer dari Garut kota ke arah Tasikmalaya. Tempat ini merupakan perbukitan yang sejuk di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Selama sepekan di Garut, Chaplin berwisata ke kawah Papandanyan, Kamojang, dan Situ Cangkuang. Atas kekagumannya pada keindahan di sekitar kawah Papandayan, ia menyebut Garut sebagai Switzerland van Java alias Swiss-nya Jawa. Bisa jadi pemandangan ini mengingatkan aktor bernama lengkap Sir Charles Spencer “Charlie” Chaplin tersebut pada tempat tinggalnya di Desa Corsier-sur-Vevey, Swiss.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.