Unik, Informatif , Inspiratif

Jelang Penobatannya sebagai Putri Mahkota Jepang, Masako Grogi

0

Menurut rencana, Kaisar Akihito akan mengundurkan diri pada 30 April 2019. Pengunduran diri tersebut sebagai yang pertama dalam keluarga kekaisaran Jepang lebih dari dua abad terakhirnya.

Otomatis tahta kekaisaran akan berpindah kepada pewaris kaisar Akihito, yaitu putra tertua kaisar, putra mahkota Naruhito. Beberapa bulan lagi akan dilakukan penobatan Masako sebagai putri mahkota Jepang.

Namun Masako sebagai istri pangeran Naruhito, mengakui bahwa ia merasa grogi menjelang penobannya. Demikian pernyataannya yang dirilis pada ulang tahunnya ke-55, seperti dikutip dari AFP.

BACA JUGA: Pemerintah Jepang Bagikan Jutaan Rumah Kosong Cuma-Cuma

Masako berkata bahwa meski ia merasa tidak percaya diri tentang hari-hari di masa depan, ia ingin mengapdikan diri untuk kebahagiaan rakyat sehingga berusaha mencapa tujuan tersebut.

Masako menempuh pendidikan di Havard dan Oxford, kemudian meninggalkan karier yang menjanjikan sebagai seorang diplomat untuk menikah dengan Akihito pada 1992.

Dia melahirkan Putri Aiko pada 2001. Tapi, dia terus menghadapi tekanan akan kelahiran seornag putra. Karena dalam hukum di Jepang, hanya pewaris laki-laki yang dapat mengambil takhta.

Tekanan ini merada pada 2006, ketika saudara iparnya melahirkan Pangeran Hisahito, yang sekarang berusia 12 tahun.

Masako termasuk putri yang jarang tampil di depan publik. Kini menjelang penobatannya, dia harus terbiasa kembali tampil di depan publik sebagai layaknya pasanan putra dan putri mahkota di manapun.

BACA JUGA :Mengapa Orang Jepang Membungkuk ketika Bertemu Orang Lain?
“Saya senang dapat melakukan tugas lebih banyak daripada sebelumnya karena saya telah mencoba memperbaiki kondisi fisik saya,” ucap Masako.

Karena kondisinya yang lemah, dokter perlu mengingatkan agar Masako cukup istirahat. Karena acara penobatan itu banyak memerlukan energi, dan Masako harus mengatur dirinya agar tak terlalu lelah.[]

SUMBER; KOMPAS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.