Harga daging sapi jelang ramadan
Harga daging sapi jelang ramadan

Jelang Ramadan Jawa Barat Alami Surplus Produksi Daging Sapi

INSPIRADATA. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dodi Firman mengatakan Stok daging sapi di Provinsi Jawa Barat menjelang datangnya bulan Ramadan diprediksi alami surplus. Demikian disitat dari Otonomi, Jum’at (5/5/2017).

“Saat ini kebutuhan daging sapi di wilayahnya mencapai 60 ribu kilogram. Jabar masih mempunyai stok itu sekitar 90 ribu kilo. Artinya kita dalam kondisi aman, kita surplus untuk kebutuhan daging sapi,” kata Dodi.

Dia mengatakan walaupun mengalami kelebihan stok daging, Dodi mengaku Jabar masih kekurangan sapi dari peternak lokal. Hal itu dapat tertutupi setelah mendapatkan stok daging tambahan dari beberapa perusahaan.

“Kita lokal 33 ribu dan dari perusahaan yang lainnya kita mempunyai sekitar 65 ribuan, tapi Jabar juga tidak hanya mengandalkan dari perusahaan saja, kami pun mendapat beberapa pasokan sapi dari beberapa provinsi seperti, awa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur,” jelasnya.

Menanggapi kenaikan harga, Dodi meyakini daging sapi akan mengalami kenaikan harga mencapai 20 persen menjelang datangnya Ramadan. Kenaikan harga tersebut, kata dia, disebabkan banyaknya permintaan dan kewenangan pedagang yang menaikkan harga.

“Para pedagang daging tentunya akan memanfaatkan sekali momentum Ramadan dan Lebaran, jadi jika hari ini harganya Rp90 atau Rp100 ribu perkilo mungkin saja nanti naik sekitar Rp120 sampai Rp130 ribu perkilogram,” ujarnya. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *