Unik, Informatif , Inspiratif

Jelang Ramadhan, Harga Jengkol di Pasar Cianjur Meroket

0

INSPIRADATA. Jelang Ramadhan, jengkol di beberapa pasar tradisional Cianjur, Jawa Barat, yang biasanya berharga Rp. 20 Ribu per Kilogram, menjadi Rp. 80 ribu.

Sejumlah pedagang menuturkan kenaikan harga tersebut terjadi karena bukan musimnya dan menjelang Ramadan harga jengkol yang tetap menjadi makanan favorit warga sebagai lauk untuk berbuka puasa menjadi mahal.

“Kenaikan harga jengkol terjadi karena saat ini bukan musimnya, kalau sedang musimnya pada bulan Agustus sampai Desember biasanya murah. Terlebih menjelang puasa tingkat pemakaian cukup meningkat,” kata Solihin pedagang di Pasar Induk Pasir Hayam Cianjur, kepada Antara.

Dia menjelaskan, meroketnya harga jengkol membuat penjualan berkurang setiap harianya, biasa dia dan pedagang lain dapat menjual hingga puluhan kilogram, saat ini perhari hanya menjual 6 sampai 8 kilogram.

“Kami biasa mendapat stok dari Pasar Caringin Bandung, saat ini kami terpaksa mengurangi pembelian, meskipun pemesanan tetap ada,” katanya.

Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Cianjur, mengimbau pedagang di wilayah tersebut, agar tidak membeli barang secara berlebihan, untuk kemudian dijadikan stok karena kebiasaan tersebut dianggap dapat memicu terjadinya lonjakan harga di pasaran menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Kepala Diskoperindag Cianjur, Himam Haris, mengatakan, pedagang pasar masih terjebak pada kebiasaan berbelanja kebutuhan dagang secara berlebihan meskipun sepanjang Ramadan pedagang sebaiknya dapat membelanjakan persediaan barang secara efisien.

“Karena takut dan khawatir akan terjadi lonjakan harga, pedagang memmbeli barang secara besar-besaran, sehingga menyebabkan terjadinya kenaikan harga. Meskipun tujuan mereka baik agar tidak kesulitan mendapatkan stok,” katanya. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline