Foto: Radio START FM Panyabungan

Jelang Ramadhan, Ini Sembako yang Diperkirakan Naik

Foto: Radio START FM Panyabungan

Hampir setiap tahun, pada Bulan Suci Ramadan dan Lebaran harga-harga sembako mengalami kenaikan harga. Salah satu penyebab utama yakni meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat.

Kenaikan harga saat Ramadan dan Lebaran terjadi untuk hampir seluruh jenis sembako. Namun ada beberapa bahan sembako yang diperkirakan naik cukup drastis.

Seperti daging sapi dan ayam yang biasanya naik secara bertahap. Kenaikannya bisa mencapai 20-30%.

“Seperti daging itu biasanya naik 2 hari sebelum puasa, naiknya bisa 10%. Lalu naik lagi sebelum Lebaran 15-20%,” ujar seorang pedagang sapi Unaini di Pasar Tebet, Jakarta, Jumat (14/3/2017).

Selain daging sapi dan ayam, komoditas lainnya yang biasanya naik jelang puasa adalah cabai merah kriting. Kenaikannya bisa mencapai 50%.

“Cabe kriting merah sekarang Rp 40 ribu/kg, biasanya kalau masuk bulan puasa naik jadi Rp 60 ribu/kg. Cabai rawit merah kalau puasa biasanya ga begitu naik,” kata pedagang lainnya Arif.

Menurut Arif kenaikan harga cabai merah keriting biasanya terjadi lebih cepat yakni 15 hari sebelum puasa. Harga-harga sembako akan mulai berangsur normal setelah seminggu sebelum lebaran.

“Untuk yang lainnya naik, tapi masih terjangkau tidak begitu besar,” tambah Arif, demikian dilansir dari laman Detik. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *