Unik, Informatif , Inspiratif

Jelang Turun Takhta, Kaisar Akihito Desak Warga Jepang Buka Diri pada Dunia

0

Jelang momen turun takhta, Kaisar Jepang Akihito mendesak agar semua warga Negeri Sakura untuk lebih membuka diri kepada dunia luar.

“Karena dunia sudah memasuki era globalisasi, saya rasa kita sekarang dituntut untuk lebih terbuka ke luar, membangun posisi kita sendiri dengan kebijaksanaan dan menjalin hubungan tulus dengan negara lain,” katanya, seperti dilansir dari laman AFP, Ahad (24/2/2019).

BACA JUGA: Kasus Cerai di Jepang Cukup dengan Hancurkan Cincin Nikah

Dalam pidato upacara 30 tahun masa jabatannya sebagai simbol negara Jepang, Kaisar Akihito sempat menceritakan kesulitan dalam mendefinisikan peran dirinya sebagai simbol negara di era pascaperang.

“Negara kami telah mengembangkan budayanya sendiri sebagai Negara Kepulauan,” kata Kaisar Akihito,

Dia berharap penggantinya nanti dapat lebih memikirkan hal tersebut, karena seorang kaisar adalah sosok yang dihormati seluruh warga.

“Sejak saya dinobatkan sebagai kaisar, saya telah menghabiskan waktu merenungkan bagaimana saya seharusnya menjadi simbol,” ucap Kaisar Akihito.

Segala sesuatu mengenai kaisar merupakan isu sensitif di Jepang. Kaisar Akihito berencana turun takhta tahun ini, tepatnya 30 April 2019. Dia akan memberi tahtanya kepada Putra Mahkota Naruhito.

Related Posts

Menandai ulang tahun ke-59, pekan lalu Naruhito berjanji untuk mempertahankan hubungan dekat keluarga kerajaan dengan publik Jepang dan memenuhi tugasnya sebagai simbol negara.

Jepang negara damai

Awal 2019, Kaisar Akihito menyampaikan pidato Tahun Baru terakhirnya sebagai simbol negara. Ia mengatakan kepada semua warga bahwa dirinya mendoakan agar Jepang selalu menjadi negara damai.

“Selamat Tahun Baru. Saya dengan senang setulusnya merayakan tahun baru bersama Anda di bawah langit yang cerah,” katanya kepada kerumunan. Banyak warga yang mengibarkan bendera Jepang dan berteriak ‘Banzai’, yang berarti ‘panjang umur’.

BACA JUGA: 8 Kebiasaan Masyarakat Jepang Ini Layak Anda Tiru

“Saya berharap tahun ini akan menjadi tahun yang baik bagi sebanyak mungkin orang,” kata Kaisar Akihito yang bersuara lembut. Berbusana setelan gelap, ia diapit oleh Permaisuri Michiko dan anggota keluarga lainnya.

Beberapa orang di kerumunan berteriak, “Terima kasih banyak” ketika sang kaisar melambai, sementara yang lain menyanyikan lagu kebangsaan. Seorang wanita di barisan depan meneteskan air mata saat dirinya memandang ke balkon. []

SUMBER: MEDCOM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.