rasa lelah
Foto: betanews

Jika Alami Rasa Lelah Terus-menerus, 3 Faktor Ini Patut Anda Waspadai

Rasa lelah memang akan dirasakan oleh setiap orang setelah melakukan aktifitas sehari-hari. Tapi rasa lelah yang dirasakan secara terus-menerus bisa jadi merupakan suatu gejala penyakit yang tidak Anda sadari.

Rasa lelah yang terus-menerus bukan hanya disebabkan karena rutinitas tapi juga masalah kesehatan, psikologis, dan gaya hidup.

1. Gaya Hidup
Gaya hidup yang kurang sehat mau tidak mau menyumbang rasa lelah pada tubuh. Konsumsi alkohol secara terus-menerus bisa mengganggu tidur dan memicu bangun tengah malam.

Rutinitas yang ‘berantakan’ seperti bekerja sampai larut, banyak keluar malam bisa membuat tubuh lelah. Oleh karena itu, biasakan untuk memiliki rutinitas yang sehat seperti menghindari alkohol dan menambah konsumsi air.

2. Masalah Kesehatan
Lelah tak hanya akibat kurang tidur, tapi juga akibat masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan kelelahan adalah penyakit celiac atau alergi makanan khususnya terhadap makanan dengan kandungan protein yang disebut gluten.

Selain itu, serangan anemia juga jadi biang keroknya. Penyakit ini jadi banyak penyebab kasus kelelahan berkepanjangan. Sindrom lelah kronis bisa memicu rasa lelah ekstrem dan masalah tidur. Mereka yang terkena sindrom ini harus benar-benar berjuang melalui aktivitas sehari-hari.

Penyakit-penyakit lain seperti diabetes, bengkak pada kelenjar gondok, demam kelenjar, serta sleep apnea atau gangguan tidur yang mengganggu pernapasan juga jadi penanda penyakit ini.

3. Masalah Psikologis
Masalah psikologis juga dapat memunculkan rasa lelah. Rasa cemas berlebih mengakibatkan tubuh sulit untuk beristirahat atau tidur dengan nyenyak. Salah satu gejala depresi adalah rasa lelah ekstrem. Tak hanya membuat orang sulit tidur, ini juga bisa membuat tubuh terasa tak punya energi.

Penting untuk mengolah stres, memberi jeda pada rutinitas dan rileks sejenak. Relaksasi tak hanya degan meditasi, tapi bisa juga dengan melakukan hobi. []

Sumber: cnnindonesia.com


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *