Inspirasi dan Data

Jika Jumpai Dajjal, Ini yang Harus Anda Lakukan

0 2.179
-  - Jika Jumpai Dajjal, Ini yang Harus Anda Lakukan -
Foto: Wessex Scene

INSPIRADATA. Dalam Shahih dari Abu Hurairah, sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, berapa lama Dajjal tinggal di bumi?”, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Empat puluh hari.”

Dengan hitungan lamanya: satu hari pertama dari empat puluh hari itu setara dengan satu tahun, satu hari berikutnya (hari kedua) setara dengan satu bulan, satu hari berikutnya (hari ketiga) setara dengan satu pekan (tujuh hari), dan hari-hari berikutnya seperti satu hari biasa.

Dari riwayat ini, jika dijumlahkan, maka Dajjal akan tinggal sekitar 1 tahun, 2 bulan, dan 14 hari. Wallahu A’lam.

Dalam riwayat yang sama, Dajjal akan memberikan kemakmuran kepada orang yang beriman kepadanya dan menimpakan kekeringan, kesengsaraan kepada kaum yang menolaknya. Tentunya, ini semua atas izin Allah Ta’ala, sebab Dajjal tak punya kuasa sedikit pun.

Selain itu, Dajjal akan unjuk kuasa dan kekuatan. Disebutkan dalam Riwayat Imam Muslim, “Maka keluarlah harta simpanannya, dan mengikutinya seperti sekelompok lebah jantan.”

Kemudian, “Dajjal memanggil pemuda bertubuh gempal dan membunuhnya dengan pedang seraya memotongnya menjadi dua bagian. Pemuda itu pun dijadikan sasaran latihan lemparan. Setelah itu, Dajjal memanggilnya dan ia pun datang (dihidupkan atas Kuasa Allah Ta’ala, sebab Dajjal amat lemah) dengan wajah berseri-seri dan tersenyum.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda sebagaimana dikutip oleh Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya, “Bukan Dajjal yang paling Aku takuti terhadap kalian. Jika ia keluar sedangkan Aku bersama kalian, Aku pasti akan membela kalian. Dan jika ia keluar sedangkan Aku tidak berada di antara kalian, maka setiap orang (harus) membela dirinya sendiri dan Allah Ta’ala adalah khalifah-ku (pengganti, pelindung) atas setiap Muslim.”

Wasiat beliau kepada umatnya, “Barang siapa di antara kalian yang mendapatkannya (berjumpa dengannya), maka bacalah pembukaan (permulaan) surat al-Kahfi.” []

Sumber: Kisahikmah.

loading...
loading...
Comments
Loading...