Foto: leyoweb.com

Jika Masuk Rumah, Begini Adabnya

Foto: leyoweb.com

INSPIRADATA. Setiap hari kita pasti akan melewati hal yang satu ini dong? Ya, masuk rumah sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Karena, tak mungkin kan aktivitas kita hanya ada di luar rumah. Sesibuk apa pun kita, pulang ke rumah telah menjadi hal yang sangat diperlukan. Di sanalah tempat kita untuk beristirahat dan menenangkan pikiran.

Jika Anda terbiasa memasuki rumah langsung masuk saja, maka itu merupakan sikap yang kurang baik. Dalam Islam, ketika masuk rumah ada adabnya. Yuk, ubah kebiasaan asal masuk kita, dengan melakukan adab masuk rumah berikut ini.

1. Hendaknya mengetuk pintu sebelum masuk rumah, agar memberi tanda (isyarat) bagi orang yang berada di dalam rumah. Dan tidak masuk tanpa meminta izin terlebih dahulu atau secara tiba-tiba.

2. Mengucapkan salam ketika akan memasuki rumah. “Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.” Artinya ialah, “Salam sejahtera, rahmat dan keberkahan Allah semoga tercurah kepada kamu sekalian. Hal ini dilakukan karena sabda Nabi SAW kepada sahabat Anas RA,

“Wahai anakku bila engkau masuk (ke rumah) menemui keluargamu, maka ucapkanlah salam, karena hal it akan memberikan keberkahan kepada kamu da kepada keluargamu,” (Shahih al-Jami’, hal. 3652).

3. Berdzikir kepada Allah SWT ketika hendak memasuki rumah, karena hal itu dapat membawa keberkahan dan dapat mengusir syaithan dari rumah dan akan mendapat berkah dari Allah SWT.

4. Membaca “Bismillahir Rahmaanir Rahiim” (Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang). Karena ucapan basmallah berarti telah berserah diri kepada Allah SWT dan telah mengambil keberkahan dengan nama-Nya.

5. Hendaknya ketika memasuki rumah membaca doa:

“Allahumma Inni As’aluka khairal Maulaj wa khairalmakhraj bismillahi walajnaa wabismillahi kharajnaa wa’alallah rabbinaa Tawakkalna (Ya Allah aku memohon kepada-Mu tempat keluar dan tempat masuk yang baik, dengan nama Allah aku keluar dan aku masuk, dan kepada Allah aku bertawakal (berserah diri),” (Diriwayatkanoleh Abu Daud dalam Isnad shahih).

6. Hendaknya masuk dengan tenang, wajah yang ceria, tidak cemberut, karena kelelahan atau problematika kerja.

7. Ketika masuk hendaknya menyambut anak-anaknya dengan salam dan mencium mereka.

8. Membuka dan menutup pintu dengan perlahan.

9. Tinggal memanggil istri atau suami atau pun anak-anaknya dengan suara keras dan berteriak, tetapi dengan suara pelan dan tenang, serta menampakkan perasaan senang dan bahagia kepada mereka.

Itulah 9 adab yang harus kita lakukan ketika akan memasuki rumah. Kita merupakan makhluk berakal, maka pergunakanlah akal kita dengan baik. Salah satunya ketika memasuki rumah, tidak bisa kita langsung masuk begitu saja, tapi pergunakanlah akal kita dengan mengikuti adab-adabnya. []

Sumber: Adab Islam dalam Kehidupan Sehari-hari/Karya: Mahdy Saeed Reziq Krezem/Penerbit: Media Da’wah


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *