Foto: From The Worcester News

Jika Menang Pemilu, Partai Buruh Inggris Janjikan Akui Kedaulatan Palestina

Jeremy Corbyn, Pemimpin Partai Buruh Inggris secara cepat akan segera mengakui Palestina sebagai negara berdaulat, jika berhasil memenangkan pemilu di Negeri Ratu Elizabeth.

Corbyn mengatakan, dia akan mengambil langkah-langkah solusi dua negara yang asli, sebagai penyelesaian konflik Israel dan Palestina.

BACA JUGA: Jumlah Pengungsi Palestina yang Terbanyak di Dunia

Dikutip dari Independent.co.uk, Ahad (24/6/2018), pernyataan itu disampaikan oleh Corbyn saat berbicara di tengah kunjungannya ke Yordania, yang merupakan perjalanan internasional pertamanya di luar Eropa sejak terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh pada 2015.

Dalam perjalanan tersebut, Corbyn juga melakukan kunjungan ke sebuah kamp penampungan orang Palestina, yang telah berdiri selama puluh tahun sejak Perang Arab-Israel.

“Saya pikir harus ada pengakuan hak-hak rakyat Palestina terhadap negara mereka sendiri, yang kami sebagai Partai Buruh katakan, akan mengakuinya sebagai negara berdaulat penuh pada Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Corbyn.

Corbyn diketahui pernah berkali-kali menyerukan kepada pemerintah Inggris untuk secara sepihak, mengakui negara Palestina di Tepi Barat, Gaza dan Yerusalem Timur, yang diduduki Israel sejak 1967.

BACA JUGA: Disebut Pembunuh Perawat Palestina Razan Najjar, Simak Pengakuan Tentara Wanita Israel Ini

Sebelumnya, diketahui bahwa Corbyn pernah menyerukan pemerintah Inggris untuk mengakui negara Palestina yang tengah diduduki Israel, secara sepihak.

Pada bulan April, ia menyerang “keheningan” Barat atas pembunuhan para pengunjuk rasa Palestina di perbatasan Gaza.

Ia juga mendesak Inggris untuk mempertimbangkan penghentian penjualan senjata ke Israel, karena dituding “dapat digunakan melanggar hukum internasional”.

BACA JUGA: Tiga Warga Palestina Jadi Martir Setelah Penyerangan Israel

“Harus ada proses perdamaian, dan harus ada hak rakyat Palestina untuk hidup dalam damai, serta hak Israel,” tambahnya. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Saudi Sepi karena Virus Corona, TKI Alman: Supir Taksi Nangis ke Saya 

Jalanan yang biasanya ramai dan macet oleh kendaraan, saat ini terlihat kosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *