sayuran berbahaya, Jika Tidak Dicuci dengan benar, Sayuran Bisa Berbahaya bagi Kesehatan
Unik, Informatif , Inspiratif

Jika Tidak Dicuci dengan benar, Sayuran Bisa Berbahaya bagi Kesehatan

0

Menjaga agar tubuh menjadi sehat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi adalah sayuran. Namun, sayuran yang akan dikonsumsi sebaiknya dicuci terlebih dahulu agar sayuran tersebut tidak tercampur dengan zat berbahaya.

Sayuran yang langsung dikonsumsi tanpa dicuci dengan benar akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karena bisa saja, sayuran masih mengandung bakteri E.coli O157. Bakteri ini biasa ditemukan dalam usus dan kotoran hewan, terutama sapi.

BACA JUGA: Manfaat Luar Biasa dari Sayuran Brokoli

Bakteri itu sendiri berasal dari serangga ataupun binatang lain yang hinggap ketika sayuran masih dalam proses penanaman. Selain itu, ada kemungkinan hewan-hewan kecil tersebut meninggalkan kotorannya pada sayuran.

Kasus bakteri E.coli sempat menjadi perhatian publik di Inggris pada 2016 lalu. Selama tahun itu, kasus tersebut mencapai 150 pasien, 62 di antaranya harus perawatan intens rumah sakit dan dua orang meninggal dunia.

BACA JUGA: 5 Manfaat Mengagumkan Sayur Buncis untuk Kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa bakteri E.coli O157 ini masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi salad yang tinggi di Inggris. Sayangnya, salad yang sering dikonsumsi ialah campuran salad siap saji supermarket, yang sayurannya tidak diketahui pasti apakah sudah dicuci atau belum.

Meski masyarakat Indonesia tidak terlalu akrab mengkonsumsi salad, tapi banyaknya lalapan yang seringkali dikonsumsi dalam kondisi mentah harus menjadi perhatian. Oleh karena itu, mencuci lalapan dengan benar wajib dilakukan ya. []

SUMBER: GRID ID


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.