Unik, Informatif , Inspiratif

Joker, Tadinya Hendak Dimatikan di Edisi Perdana Kehadirannya

0

 

Joker saat ini tengah banyak dibicarakan orang. Ia adalah supervillain yang dibuat oleh Bill Finger, Bob Kane, dan Jerry Robinson yang pertama kali muncul dalam edisi perdana buku komik Batman (25 April 1940), diterbitkan oleh DC Comics.

Kredit untuk penciptaan Joker sendiri sampai saat ini masih diperdebatkan; Kane dan Robinson mengaku bertanggung jawab atas desain Joker sambil mengakui kontribusi tulisan Finger. Meskipun Joker direncanakan untuk dibunuh dalam penampilan awalnya, ia selamat dari intervensi editorial, yang memungkinkan karakter ini untuk bertahan sebagai musuh utama Batman .

Dalam penampilan buku komiknya, Joker digambarkan sebagai dalang kriminal. Ia diperkenalkan sebagai psikopat dengan selera humor sadis yang ga ketulungan. Joker menjadi orang iseng yang konyol pada akhir 1950-an sebagai tanggapan terhadap regulasi oleh Comics Code Authority, sebelum kembali ke akarnya yang lebih gelap pada awal 1970-an.

Sebagai musuh Batman, Joker telah menjadi bagian dari cerita superhero yang menentukan, termasuk pembunuhan Jason Todd—Robin kedua dan rekan Batman—dan kelumpuhan salah satu sekutu Batman, Barbara Gordon.

Joker juga memiliki berbagai kemungkinan kisah asal selama beberapa dekade penampilannya. Cerita yang paling umum adalah saat ia jatuh ke tangki limbah kimia yang memutihkan kulitnya dan mengubah rambutnya hijau dan bibirnya merah cerah; cacat yang dihasilkan membuatnya gila.

Antitesis Batman dalam kepribadian dan penampilannya, Joker dianggap oleh para kritikus sebagai lawannya yang sempurna buat si Manusia Kelelawar.

Joker tidak memiliki kemampuan manusia super, alih-alih menggunakan keahliannya di bidang teknik kimia untuk mengembangkan ramuan beracun atau mematikan dan persenjataan tematik, termasuk kartu bermain berujung silet, buzzers yang mematikan, dan bunga kerah yang menyemburkan asam.

Joker kadang-kadang bekerja dengan para supervillains Kota Gotham lainnya, seperti Penguin dan Two-Face, dan kelompok-kelompok seperti Geng Ketidakadilan dan Liga Ketidakadilan, tetapi hubungan ini sering runtuh karena keinginan Joker untuk membuat kekacauan yang tak terkendali.

Meskipun obsesinya yang utama adalah Batman, Joker juga bertarung melawan para pahlawan lain, termasuk Superman dan Wonder Woman. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.