Jokowi dan Jusuf Kalla

Jokowi Akui Perbedaan Pandangan Politik dengan JK Saat Pilkada DKI

INSPIRADATA. Saat ramai Pilkada DKI belum lama ini, Jusuf Kalla diisukan memihak kepada salah satu calon. Dan muncul persepsi juga bahwa Jusuf Kalla dengan Jokowi sempat pecah kongsi karena perbedaan pendapat mengenai politik di DKI Jakarta.

“Kami dalam rapat-rapat di Istana kemudian makan siang bersama itu hampir setiap hari. Lalu apa lagi yang mau ditanyakan,” ujar Jokowi, seperti dilansir Kompas, Jumat (26/5/2017).

Jokowi pun sempat mengelak sambil bercanda ketika disinggung perihal kebersamaannya dengan JK yang kerap terlihat berjalan masing-masing dalam melaksanakan roda pemerintahan.

“Ya jalan sendiri-sendiri kalau pas Pak Wapres jalan ke London ya sendiri. Saya ke Papua juga sendiri. Memang jalan berdua itu enggak boleh. Rakyat harus tahu,” ujar dia sembari tertawa.

Jokowi akhirnya mengakui memang sempat ada perbedaan pandangan politik diantara dirinya dengan JK saat Pilkada DKI Jakarta. Pada saat itu JK mendukung Anies-Sandi, sedangkan Jokowi dengan tegas tidak memihak kepada siapa pun.

Meski begitu, Jokowi menyatakan tidak ada perdebatan yang berlarut-larut antara dirinya dengan JK. Perbedaan pandangan politik, lanjut Jokowi, merupakan hal wajar jika disikapi dengan bijak.

“Pilihan politik kan boleh-boleh saja berbeda. Tapi dalam keseharian kan bisa lihat sendiri saya dengan Pak Wapres, tiap hari ketemu. Tiap hari diskusi. Kadang makan siang bersama. Ya biasa-biasa sajalah,” ujar Jokowi.

Namun, Jokowi menambahkan, ada saat dirinya harus mengklarifikasi apa yang sebenarnya terjadi. Jika tidak, publik akan berpandangan yang negatif kepada pemerintah.

“Itu kan menghabiskan energi kita. Sebetulnya saya juga inginnya tidak masukkan ke pikiran. Tapi kalau semakin berkembang semakin berkembang dan kita tidak jelaskan, itu akan menghabiskan energi kita. Rakyat juga terbawa masuk ke sana,” ujar Jokowi.

“Padahal sekarang kita ini membutuhkan etos kerja yang keras, etos kerja yang tinggi, produktifitas yang tinggi untuk mengejar ketertinggalan kita dengan negara yang lain,” lanjut dia. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *