Foto: Universitas Gajah Mada

Jokowi Kembali Berlakukan UN pada 2017

Foto: Universitas Gajah Mada

INSPIRADATA. Joko Widodo (Jokowi) Presiden Republik Indoensia memutuskan kembali untuk memberlakukan ujian nasional (UN) pada 2017, dengan beberapa penyempurnaan. Keputusan ini diambil dengan harapan siswa di Indonesia dapat bersaing di dunia internasional.

“Presiden betul-betul menginginkan agar siswa kita bukan hanya menjadi petarung pada tingkat lokal saja, tetapi juga bisa bersaing pada tingkat internasional. Maka untuk itu UN tetap dijalankan,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, seperti yang dilansir dari liputan6, Senin (19/12/2016).

Dilansir Dakwatuna, Pramono berdalih, bila UN tidak dijalankan maka akan ada kesenjangan sosial yang muncul terutama antara sekolah di Jawa dan luar Jawa.

Sementara itu, seperti yang dilansir dari Republika, Senin (19/12/2016), menghapus UN sebenarnya adalah janji kampanye Jokowi pada 2014 lalu.

Pada 10 Juni 2014 Jokowi berjanji dihadapan ribuan guru di Hermes Palace, Medan. Jokowi mengatakan akan menghapus UN untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sementara pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) UN tetap ada tapi bukan patokan kelulusan melainkan untuk pemetaan kualitas pendidikan saja. []


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *