Foto: ANTARA News

Jokowi: Sekarang Saya Jadi Paham Apa iItu Hokage dan Konoha

INSPIRADATA. Presiden Joko Widodo atau biasa dipanggil Jokowi mengaku menjadi tahu istilah tentang komik Jepang dari jawaban seorang santri bernama Yadian.

Dilansir oleh Brilio, sebelumnya Presiden Jokowi dalam vlog berjudul “#JOKOWIMENJAWAB EPISODE 2” yang diunggah pada 8 April 2017, Presiden Jokowi menyerah atas pertanyaan yang diajukan Yadian, “Siapakah yang menjadi hokage ke delapan dalam anime Naruto?”

Namun, melalui akun media sosial facebooknya Presiden Jokowi menuliskan ucapan terimakasih kepada Yadian seorang santri yang memberikan pertanyaan untuknya.

“Terima kasih Yadian yang ganteng atas video kirimannya untuk #JokowiMenjawab. Sekarang saya jadi paham apa itu Hokage dan Konoha,” tulis presiden Indonesia ketujuh tersebut melalui akun Facebook-nya, Minggu 7 Mei 2017 kemarin.

Yadian memberi penjelasan Hokage dan Naruto tersebut dalam video yang diunggah sekitar lima jam lalu melalui akun resmi YouTube Presiden Jokowi berjudul #YadianMenjawab. Video tersebut sudah ditonton lebih dari 25 ribu kali oleh para YouTubers.

“Saya ini mau memberi tahu pengertiannya Hokage dan Konoha itu apa. Hokage itu secara harfiah berarti bayangan api. Hokage adalah gelar yang diberikan kepada pemimpin desa Konohagakure (nama desa di Naruto),” kata Yadian.

Sambil membuka komik di tangannya, Yadian juga membeberkan tujuh nama Hokage yang sudah memimpin desa Konohagakure mulai dari yang pertama Hasirama Senju hingga yang terakhir Uzumaki Naruto.

Ia pun berharap Jokowi yang kebetulan juga pemimpin atau Presiden ke tujuh Indonesia memiliki sifat kepemimpinan yang sama dengan Naruto.

“Pas banget, Pak, di Indonesia ini Presidennya sekarang ke tujuh, yaitu Bapak Jokowi. Di Konoha ini Hokagenya sekarang ke tujuh yaitu Naruto. Uzumaki Naruto itu kepemimpinannya tentram, damai, alim dan disiplin. Jadi bisa nggak Bapak seperti negara Konoha,” tanya Yadian.

Menanggapi video Ydian jokowi menjawab:

“Apakah saya mampu menjadikan negara kita seperti Konoha dalam kepemimpinan Uzumaki Naruto yang tenteram, damai, alim dan disiplin? Saya jawab Insya Allah. Dengan izin Allah dan kerja keras kita semua, pasti bisa,” kata Jokowi.

Jokowi juga berharap bisa mengunjungi pondok pesantren yang ditempati Yadian, yakni Pondok Pesantren Al-Khoirot di Malang, Jawa Timur. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *