Foto: The Independent

Juara Ballon d’Or versi Jurnalis Indonesia dan Dunia

Pemberian penghargaan Ballon d’Or (dan penghargaan individual lainnya) selalu menimbulkan perdebatan, yang diikuti oleh berbagai penonton sepak bola di seluruh dunia yang menyampaikan pendapat mereka mengenai apakah pemain yang meraih penghargaan tersebut pantas mendapatkannya.

Peraih penghargaan Ballon d’Or 2018, sama seperti pelaksanannya satu tahun sebelumnya, ditentukan berdasarkan pilihan jurnalis yang memiliki akreditasi internasional dan telah disetujui oleh France Football selaku penyelenggara penghargaan tersebut.

BACA JUGA: Mo Salah Peringkat 6, Ballon d’Or Jatuh ke Tangan Modric

Indonesia juga memiliki wakil yang mengikuti proses pemilihan ini. Berdasarkan data yang dihimpun dari Marca, Nurdin Saleh dari Koran Tempo memilih Antoine Griezmann (Atletico Madrid / Tim Nasional Prancis) pada posisi pertama, disusul Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain / Tim Nasional Prancis), Luka Modric (Real Madrid / Tim Nasional Kroasia), Cristiano Ronaldo (Real Madrid – Juventus / Tim Nasional Portugal), dan Lionel Messi (Barcelona / Tim Nasional Argentina).

Pilihan yang cukup mencolok juga terlihat dari jurnalis Grenada, Michael Bascome dari media Sports Press Association of Grenada, yang memilih Sergio Aguero (Manchester City / Tim Nasional Argentina) sebagai pilihan utamanya dalam penghargaan ini. Selain itu juga terdapat Biskek Karas dari Kirgiztan yang memilih Thibaut Courtois (Chelsea – Real Madrid / Tim Nasional Belgia) sebagai pilihan utama.

BACA JUGA: Saat Messi Janji Berikan Baloon D’or pada Neymar

Pemain Chelsea lain yang masuk ke dalam daftar pilihan utama seorang jurnalis adalah Eden Hazard, yang dipilih oleh Hafiz Marikar dari Daily News, media Sri Lanka. Kejutan lain yang muncul adalah Harry Kane (Tottenham Hotspur / Tim Nasional Inggris), yang menjadi pilihan utama dari Raymond Nase, jurnalis Vanuatu yang mewakili media Vanuatu Daily Post Newspaper. []

SUMBER: 90MIN | MARCA


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Akankan Mou Sukses di Spurs?

Tujuannya jelas: mengarahkan klub kembali ke empat besar dalam jangka pendek dan, selama 18 bulan ke depan, mendapatkan beberapa trofi. Bisakah Mou?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *