kekejaman kim jong un
Foto: cnn

Jubir Korut: Tinggal Tunggu Instruksi Pemimpin, Rudal Antar-benua Siap Luncur Kapan Saja

INSPIRADATA. Korea Utara (Korut) menyatakan bisa melakukan uji tembak rudal balistik antar-benua (Intercontinental Ballistic Missile/ICBM) kapan saja dan di mana saja sesuai keinginan pemimpinnya.

Hal itu disampaikan seorang juru bicara dari Kementerian Luar Negeri Korea Utara pada Ahad (8/1/2017). Ia juga mengklaim negaranya sudah membangun hulu ledak nuklir terstandar.

“Amerika Serikat terus mengecam persiapan peluncuran roket sebagai provokasi dan bicara tentang sanksi seperti pencuri memegang tongkat,” kata juru bicara itu, yang namanya tak disebutkan, sebagaimana dikutip kantor berita Korea Selatan, Yonhap.

Seperti diketahui, dalam pidato Tahun Baru Kim Jong-un mengatakan negaranya berada dalam tahap akhir persiapan uji tembak ICBM.

Kementerian Luar Negeri tidak memberikan rincian mengenai apa yang disebut pemimpin Korea Utara sebagai peluncuran segera, hanya menyatakan bahwa ICBM akan diluncurkan pada waktu dan tempat yang ditetapkan oleh pemimpin Korea Utara.

Sementara itu, menurut siaran kantor berita Reuters, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter mengatakan, kemampuan senjata nuklir Korea Utara dan program pertahanan rudal balistiknya merupakan ancaman serius bagi Amerika Serikat.

“Kita hanya akan menembaknya jatuh kalau itu mengancam, itu jika menuju wilayah kita atau wilayah teman dan sekutu,” kata Carter dalam program “Meet the Press” NBC. []


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *