Jumlah Korban Banjir Bandang Aceh Mencapai 2.476 Orang

Foto: Serambinews.com

INSPIRADATA. Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh mencatat, terdapat 2.476 orang menjadi korban bajir bandang akibat luapan air berasal dari kawasan ekosistem Gunung Leuser.

“Hingga kemarin, terdapat 2.467 jiwa atau 648 kepala keluarga menjadi korban pada lima desa di Kecamatan Lawe Sigala-gala,” ucap Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Aceh Tenggara, Irwan di Kutacane, Kamis (13/4/2017).

Irwan merinci, dua ribuan jiwa tersebut tersebar di Desa Lawe Sigala Timur sebanyak 900 orang atau 195 kepala keluarga, dan di Desa Lawe Tua Gabungan sebanyak 608 jiwa atau 159 kepala keluarga.

Kemudian di Desa Lawe Tua Persatuan terdapat 568 orang atau 148 kepala keluarga, lalu di Desa Kayu Belin 220 jiwa dengan 80 kepala keluarga, dan terakhir di Desa Lawe Sigala Barat 180 orang atau 66 kepala keluarga.

Sementara korban meninggal dunia, tercatat dua orang yakni Orlina boru Sitorus (86), perempuan di Desa Lawe Sigala Barat, dan balita bernama Terang Sitanggang (1,5) dari Desa Lawe Tua Gabungan.

“Ini data rekapitulasi sementara bencana banjir bandang di Aceh Tenggara yang terjadi pada Selasa (11/4) petang, dan kita himpun hingga kemarin (Rabu, 12/4),” katanya seperti dilansir dari Antaranews.

Irwan menuturkan, berbagai material yang dibawa air bah dari lereng pengunungan kawasan ekosistem Gunung Leuser seperti kayu gelondongan dan berbatuan di jalan lintas Kutacane-Medan telah dibersihkan.

“Kita juga telah mendirikan dua posko pengungsi di Desa Suka Makmur, Kecamatan Semadam untuk tampung warga sementara,” demikian Irwan. []


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *