Jupe Cuci Darah, Ternyata Kanker Serviks Ada Kaitannya Dengan Fungsi Ginjal!
Jupe Cuci Darah, Ternyata Kanker Serviks Ada Kaitannya Dengan Fungsi Ginjal!

Jupe Cuci Darah, Ternyata Kanker Serviks Ada Kaitannya Dengan Fungsi Ginjal!

INSPIRADATA. Julia Perez, penyanyi yang biasa disapa Jupe tengah berjuang melawan kanker r serviks stadium 4. Diketahui Jupe sudah melakukan prosedur hemodialisa alias cuci darah.

Hal itu dikatakan langsung oleh adik kandungnya, Nia Anggia di gedung A, RSCM, Salemba, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Menurutnya, Jupe harus melakukan cuci darahnya untuk membersihkan racun-racun supaya dia bisa memulihkan kesadarannya.

Namun, yang menjadi pertanyaan apa yang membuat pengidap kanker serviks harus menjalani prosedur cuci darah? Apakah ada kaitannya?

Dilansir oleh Detik, dr Kartiwa Hadi Nuryanto SpOG(K)Onk dari Divisi Onkologi Ginekologi Departemen Obstetri Ginekologi RS Cipto Mangunkusumo mengatakan pada saat sudah menyebar, kanker serviks akan menyebar lewat pembuluh darah, kelenjar getah bening, dan ke kanan serta ke kiri.

“Di kanan kiri itu ada saluran untuk buang air kecil sehingga kalau si saluran buang air kecil itu tersumbat, karena kankernya, maka air seninya tidak bisa keluar,” kata dr Kartiwa usai Seminar Awam Kanker Serviks yang diselenggarakan CISC dan FISIP UI di kampus FISIP UI, Depok, Jumat (12/5/2017).

Begitu urine tidak bisa keluar, maka ginjal akan bengkak. Nah, ginjal yang bengkak ini menyebabkan racun akan ada di dalam tubuh. dr Kartiwa menekankan, hal ini bisa terjadi pada pasien dengan penyakit apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

“Nah, salah satu cara untuk mengurangi racun adalah dengan cuci darah. Selama dia tidak bisa buang air kecil, racunnya masih ada di dalam tubuh maka harus cuci darah,” kata dr Kartiwa. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *